DEMONSTRASI PEMBUATAN KREASI PRODUK JAJANAN PASAR PADA ANGGOTA KELOMPOK USAHA BERSAMA GRAHA PERMAI

Main Article Content

Novita Novita
Rina Sundari

Abstract

Jajanan pasar adalah makanan atau camilan tradisional yang biasanya dijual di pasar atau warung dalam budaya Indonesia. Mereka sering kali memiliki rasa yang unik dan beragam, serta menjadi favorit di antara masyarakat setempat. Ibu rumah tangga memiliki banyak pilihan pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan untuk menghasilkan pendapatan tambahan. Pengabdian ini dilaksanakan pada KUB Graha Permai dimana didalamnya bergabung ibu rumah tangga sebagai tulang punggung keluarga dalam rangka meningkatkan penghasilan tambahan keluarga. Persoalan kurangnya kreasi produk menjadi fokus pengabdian ini. Melalui pendekatan demonstrasi dan dianalisis dengan pre tes dan pos tes maka diperoleh hasil pengabdian, dimana peserta mengalami perubahan pengetahuan, pemahaman dan kemampuan dalam membuat produk kreatif.

Article Details

Section
Articles

References

Ayu, C. D., Hardi, H., Rosa, E., Fitri, N., Putri, R. M., & Putra, R. B. (2022). Penerapan Berfikir Kreatif pada UMKM Keripik Balado Shirley pada Masa Covid-19. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 2(1), 343-349.
Bandura, A. (2015). Social Learning Theory. General Learning Press.
Dewi, S. N., Haryanto, A. T., & Fatonah, S. (2021). Upaya Meningkatkan Ekonomi Keluarga Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Aneka Makanan “Jajanan Pasar” Bagi Ibu-Ibu Pkk Di Kelurahan Gebang, Masaran, Sragen. WASANA NYATA, 5(2), 56-61.
Riana, D., Awatara, I. G. P. D., & Yulia, Y. A. (2019). IbM Pembentukan Usaha Kelompok Pembuatan Jajanan Pasar Dan Digital Marketing Di Kecamatan Jebres Surakarta. Wasana Nyata, 3(2), 62-67.
Setiawan, G., & Indra, F. (2023). Pengabdian Masyarakat Aneka Rasa Choux Au Craquelin Dengan Cita Rasa Jajanan Tradisional Indonesia. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 200-212.
Sulistyowati, N. (2022). Pengembangan Produk UMKM di Wilayah Jakarta. Media Abdimas, 1(3), 162-170.
Taba, H. (2015). Curriculum Development: Theory and Practice. Routledge.