SOSIALISASI PELUANG USAHA DARI POTENSI DESA MUARO TOMBANG KECAMATAN KUANTAN MUDIK KABUPATEN KUANTAN SINGINGI Socialization of Business Opportunities from the Potential of Muaro Tombang Village, Kuantan Mudik District, Kuantan Singingi Regency

Main Article Content

Kurniawaty Fitri
Nadira Maulani
Putri Annisa
Miftahul Jannah
Indriyani Indriyani
Rosi Junita
Gita Persika
Ilham Isolah
Muhammad Sulthan Muqsith Afif
M Reza Al Hadad

Abstract

Desa Muaro Tombang merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi. Dengan luas wilayah 140 ha, Desa Muaro Tombang mempunyai potensi di bidang pertanian dan perkebunan. Dimana luas lahan pertanian dan perkebunan adalah 50 ha. Dengan letak yang strategis seperti ini, membuat masyarakat desa Muaro Tombang mencari sumber penghidupan dengan memanfaatkan potensi desa yang ada. Dengan demikian, masyarakat Desa banyak memanfaatkan lahan pertanian dan perkebunan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Salah satu tanaman yang bisa dimanfaatkan adalah pepaya muda. Pepaya ini tidak hanya sekedar untuk mengolah potensi desa saja, namun dengan memanfaatkan pepaya muda dapat menumbuhkan kreatifitas masyarakat dalam mengembangkan perekonomian dalam keluarga. Yakni memperbanyak dan membangun UMKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode PAR (Participatory Action Research).

Article Details

Section
Articles

References

Aimah, S., Budiywono, E., & Al-Rosid, M. H. (2019). Upaya Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Tegalharjo Melalui Inovasi Pemanfaatan Pepaya Menjadi Abon. Loyalitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 215-226.
Kresnatita, S., Astuti, M. H., & Kulu, I. P. (2022). Meningkatkan Pendapatan Keluarga Melalui Pengolahan Buah Pepaya Muda Pada Kelompok Ibu PKK di Kelurahan Kalampangan Kota Palangka Raya. Pengabdian Kampus: Jurnal Informasi Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat, 9(2), 121-126.
Prasetio Bambang, (2015). Budi Daya Tanaman Dalam Pot. Yogyakarta : Lily Publisher.
Yunaz, H., Bachri, S., Oktaviani, N. F., Nugroho, L., Septiadi, D., Rachmat, Z., & Tribudhi, D. A. (2022). Ekonomi Kreatif. Get Press.