LITERASI MEDIA SOSIAL DALAM PROMOSI PRODUK PADA KELOMPOK USAHA BERSAMA GRAHA PERMAI DI KELURAHAN TUAH KARYA KECAMATAN TUAH MADANI

Main Article Content

Hadiyati Hadiyati
Fatkhurahman Fatkhurahman
Arizal N

Abstract

Pentingnya pengetahuan tentang promosi produk melalui media sosial sangat penting, terutama dalam konteks bisnis modern. Media sosial adalah platform dengan jutaan pengguna aktif harian. Pengetahuan tentang cara memanfaatkan platform ini akan membantu mencapai audiens yang lebih luas dan berinteraksi dengan mereka secara lebih efektif. Dunia bisnis semakin digital. Jika tidak memahami media sosial, mungkin tertinggal dalam pemasaran dan promosi produk. Pengetahuan ini memungkinkan untuk tetap relevan dalam era digital.


Tim pengabdian mengagendakan pelatihan cara mengelola akun media sosial dalam berwirausaha dengan maksud anggota kelompok mendapatkan pendapatan atau penjualan yang mereka hasilkan sehingga daya saing usaha semakin baik.   Metode yang digunakan adalah dengan memberikan penjelasan arti pentingnya media sosial dan promosi melalui media sosial melalui ceramah; Melaksanakan demonstrasi cara mengelola akun dan membuat konten yang dihasilkan dengan maksud membuka wawasan anggota dalam menghasilkan konten kreatif; Memberikan saran ide kreatif seperti apa dari masing-masing produk dipromosikan anggota kelompok dalam bentuk Tanya jawab.    Berdasarkan hasil pengabdian masyarakat yang dilakukan sebelum dan setelah dilaksanakan kegiatan terjadinya peningkatan pengetahuan, pemahaman dan kemampuan anggota KUB Graha permai dalam literasi media sosial, dimana sebagian besar dari anggota mengetahui perkembangan dan jenis media sosial yang dapat digunakan untuk promosi produk. Kedua mereka memahami fungsi dan manfaat yang potensial pada setiapa media sosial yang ada dan ketiga mereka sudah mulai mampu membuat konten kreatif pada media sosial dan ini menunjukkan perubahan kemampuan mereka dalam menggunakan media sosial dalam promosi produk..

Article Details

Section
Articles

References

BPS Kota Pekanbaru. 2022. “Kota Pekanbaru Dalam Angka 2022.” BPS-Statistics of Pekanbaru Municipality 1102001.14(0215–3874): xl + 346. https://pekanbarukota.bps.go.id/publication/2022/02/25/06fe10f9f07b52694cd0bf5d/kota-pekanbaru-dalam-angka-2022.html.
Hasyim, H, R Anindita, and F Ayasofia. 2021. “PELATIHAN LITERASI DIGITAL DAN MEDIA SOSIAL BAGI PELAKU USAHA KECIL DESA PANAKUKANG KABUPATEN GOWA SULAWESI SELATAN BEKERJA ….” Jurnal Abdimas Sang …. https://jurnal.usbypkp.ac.id/index.php/Abdimas_Sang_Buana/article/view/754.
Ismail, Ismail, Fauzan Putraga Fauzan Putraga Al-Bahri, Lukman Ahmad, and Abdus Salam. 2020. “IbM Pelatihan Kewirausahaan Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Dan Menggali Ide Usaha Baru.” Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia 1(1): 16–22.
Karwati, Lilis. 2017. “Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Woman Empowerment Through Entrepreneurs Training.” Jurnal Ilmiah Visi PGTK PAUD dan Dimas 12(1): 45–52.
Maulana, F. 2023. PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KINERJA USAHA UMK KULINER DI KECAMATAN JELUTUNG KOTA JAMBI. repository.unja.ac.id. https://repository.unja.ac.id/51541/.
Mawara, R E. 2018. “… MEDIA SOSIAL SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN SOLIDARITAS MASYARAKAT MULTIETNIK MELALUI LITERASI MEDIA: Studi Kasus Pada ….”
Nawangsasi, Endah, Denny Mahendra, and Yusuf Sutanto. 2020. “Pelatihan Kreativitas Kewirausahaan Pada Kelompok UMKM Di Kampung Minapadi Kelurahan Nusukan Kecamatan Banjarsari Surakarta.” Wasana Nyata 4(2): 77–81.
Susilo, M E, P Prayudi, and M Yanu. 2022. “Literasi Keuangan Dan Branding Melalui Media Sosial Untuk Usaha Kecil.” Prosiding Seminar Nasional …. http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/prosidingLPPM/article/view/8328.
Tahirs, Jemi Pabisangan, and Abedneigo Carter Rambulangi. 2020. “Menumbuhkan Minat Berwirausaha Melalui Pelatihan Kewirausahaan Bagi Siswa Smk.” Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2): 125–29.
Trisnadewi, N K. 2022. Pengaruh Pemahaman Akuntansi, Literasi Keuangan, Modal Usaha, Kreativitas Dan Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Keberlanjutan UMKM Di Kecamatan …. repo.undiksha.ac.id. https://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12580.
Widjanarko, P et al. 2023. Ragam Nuansa Literasi Media. PT Rekacipta Proxy Media. https://books.google.co.id/books?id=muioEAAAQBAJ.