DEMONSTRASI PEMBUATAN KONTEN KREATIF PADA MEDIA SOSIAL DALAM PROMOSI PRODUK UMKM

Main Article Content

Novita Novita
Rina Sundari

Abstract

Konten kreatif memainkan peran yang sangat penting dalam usaha karena dapat memberikan banyak manfaat bagi brand atau bisnis. Konten kreatif cenderung lebih menarik dan memikat perhatian pelanggan. Dalam dunia yang penuh dengan informasi dan iklan, konten yang kreatif dapat membantu bisnis untuk standout dan menjadi lebih mudah diingat oleh konsumen. Pada UMKM kemampuan pengelola usaha dalam menarik konsumen masih mengalami kendala, dalam era digitalisasi media sosial saat ini konten kreatif yang dipublis pada media sosial memainkan peranan penting menarik minat konsumen. Pada pengabdian ini tim memberikan demonstrasi dalam membuat konten kreatif yang dapat dipublish ke media sosial. Melalui metode demonstrasi kepada anggota kelompok usaha bersama graha permai diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa adanya perubahan yang nyata setelah diberikannya demonstrasi dalam membuat konten kreatif. Kreasi para anggota meninggkat untuk menyampaikan ide konten dan mencobanya dalam konten kreatif usaha mereka.

Article Details

Section
Articles

References

Arianto, B., & Sofyan, H. (2022). Peran Media Sosial Bagi Penguatan Bisnis UMKM di Kota Serang Banten. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, 6(2), 130–145.
Intan, T., Revia, B., & Erwita, A. (2019). Peningkatan daya saing produsen minuman herbal melalui pembuatan konten kreatif media sosial berbasis pemasaran e-marketing. Jurnal Komunikasi Profesional, 3(2).
Mahmudah, S. M., & Rahayu, M. (2020). Pengelolaan konten media sosial korporat pada instagram sebuah pusat perbelanjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 1–9.
Putri, S. D., & Azeharie, S. (2021). Strategi Pengelolaan Komunikasi dalam Membentuk Personal Branding di Media Sosial Tiktok. Koneksi, 5(2), 280–288.
Rizqi, A. W., & Nurudddin, M. (2023). Pelatihan Pembuatan Konten Kreatif Sosial Media Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah Sidayu Gresik. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(3), 184–189.
Santiko, I., & Albana, I. (2023). Strategi Peningkatan Kemampuan Marketing Melalui Sosial Media Pada UMKM Bangkit Wilayah Banyumas. Journal of Sustainable Communities and Development, 1(1), 1–10.
Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan aplikasi Canva untuk membuat konten gambar pada media sosial sebagai upaya mempromosikan hasil produk UKM. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430–436.
Supratman, L. P. (2018). Penggunaan media sosial oleh digital native. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(1), 47–60.