MEMBERIKAN MOTIVASI BERTAHAN HIDUP PADA ANAK-ANAK PANTI ASUHAN AL MUZAKKI

Main Article Content

Novita
Hadiyati
Fatkhurahman
Aznuriyandi

Abstract

Panti asuhan memiliki peran yang sangat penting dalam masyarakat. Panti asuhan menyediakan tempat yang aman bagi anak-anak yang kehilangan orang tua atau yang ditelantarkan. Mereka mendapatkan perlindungan, pengasuhan, dan kasih sayang yang mungkin tidak mereka dapatkan di tempat lain. Juga menyediakan pendidikan formal maupun non-formal. Anak-anak di panti asuhan mendapatkan kesempatan untuk belajar dan mengembangkan diri, sehingga mereka memiliki masa depan yang lebih baik. Panti asuhan bukan hanya tempat penampungan sementara, tetapi juga tempat di mana anak-anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, mendapatkan pendidikan yang layak, dan mempersiapkan diri untuk masa depan yang lebih cerah. Peran ini tidak saja diberikan oleh panti asuhan, pada lembaga pendidikan melalui program pengabdian masyarakat juga berusaha memelihara semangat anak-anak panti asuhan dengan memberikan motivasi untuk bertahan hidup dalam kondisi keterbatasan. Melalui memberikan motivasi kepada anak-anak panti dan memberikan sumbangan materi diperoleh hasil pengabdian bahwa dengan memberikan motivasi kepada anak-anak panti, ada rasa semangat baru yang diberikan masyarakat dalam hal ini adalah tim pengabdian, dimana anak-anak panti merasa diperhatikan dan mereka merasa tidak sendiria

Article Details

Section
Articles

References

Ahmad, F. D. (2023). Dorongan nilai keagamaan pada bentuk tindakan sosial pemulung tpa wonorejo sebagai upaya bertahan hidup. Uin sunan kalijaga yogyakarta.

Arifianto, C. F. (2008). Motivasi bertahan hidup (survival motivation) pada komunitas miskin perkotaan di kelurahan wonokromo. Universitas airlangga.

Gulö, I., Setiawan, D. B., Prameswari, S. R., & Putri, S. R. (2021). Meningkatkan kepercayaan diri anak-anak panti asuhan dalam berbicara bahasa Inggris. Adimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 23–28.

Karyadiputra, E., Mahalisa, G., Sidik, A., & Wathani, M. R. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Asuh Berbasis Ti Dalam Menanamkan Nilai Wirausaha Pada Asrama Putera Panti Asuhan Yatim Piatu Dan Dhu’Afa Yayasan Al-Ashr Banjarmasin. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 4(2).

Lazuardi, H. T. (2023). Strategi bertahan hidup wanita pedagang asongan (studi kasus Pasar Sapi Nongkojajar). Universitas Negeri Malang.

Limbong, W. S., Girsang, M. L., & Panggabean, R. D. (2020). Sosialisasi Gaya Hidup Sehat Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Panti Asuhan Talenta Delpita Di Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 1(2), 199–205.

Ramadhoni, S. R., Eddy, W. M., Cahyani, A. I., & Amriana, A. (2023). Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Pada Anak Panti Sosial. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 13(1), 11–24.

Sa’adah, A., Ropiqa, M., Astuti, P., & Mufidah, Z. (2021). Pengabdian Kepada Masyarakat Bakti Sosial Bersama Panti Asuhan Ar-Ridho, Siantan. Jurnal Inovasi & Terapan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 67–71.

Safitri, E., & Siregar, H. (2022). Membangun Semangat Belajar Anak di Panti Asuhan Cinta Kasih Medan. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(2), 654–660.

Silfiana, S. (2018). Kehidupan Pengemis Di Kota Padang (Studi tentang Motivasi dan Adaptasi untuk Bertahan Hidup di Perkotaan). Universitas Andalas.

Wijaya, A. L., Sari, A. K. A. R., & Hasanah, K. (2022). Pendampingan Ekonomi Kreatif Pada Panti Asuhan Muhammadiyah Kota Madiun Melalui Pelatihan Pembuatan Kerajinan Tangan dan Pelatihan Pemasaran Digital. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(2), 400–410.