PENDAMPINGAN KEWIRAUSAHAAN KELOMPOK USAHA BERSAMA GRAHA PERMAI DI KELURAHAN TUAH KARYA KECAMATAN TUAH MADANI KOTA PEKANBARU

Main Article Content

Hadiyati Hadiyati
Fatkhurahman Fatkhurahman
Arizal N

Abstract

Kelompok usaha graha permai merupakan kelompok usaha ibu-ibu rumah tangga yang menjadi tulang punggung keluarga, usaha yang dijalankannya seperti usaha pedagang asongan yang menjual barang dagangan secara berpindah-pindah atau berkeliling. Mereka biasanya tidak memiliki toko fisik tetap dan menjual barang dagangan mereka dari tempat ke tempat. Pedagang asongan dapat menawarkan berbagai jenis barang, termasuk makanan ringan, minuman, pakaian, aksesori, dan barang-barang kecil sehari-hari. Permasalahan yang ditemukan, yakni: Banyak usaha yang dimulai dengan modal terbatas, yang dapat menjadi hambatan dalam pengembangan usaha atau dalam menghadapi persaingan; Usaha seringkali menghadapi ketidakpastian dalam pendapatan harian atau bulanan karena faktor-faktor seperti cuaca, musiman, atau fluktuasi permintaan; Persaingan dalam bisnis pedagang asongan bisa sangat tinggi, terutama jika lokasi mereka berada di pasar yang padat atau daerah dengan banyak pedagang serupa; Terbatasnya sumber daya, baik itu dalam hal personel, peralatan, atau kendaraan, dapat menjadi kendala dalam efisiensi operasional dan kapasitas untuk memenuhi permintaan. Solusi yang ditawarkan, antara lain: pada kegiatan pengabdian ini ditawarkan penyuluhan kewirausahaan dalam mengatasi masalahnya melalui pendampingan. Target luaran yang ingin dicapai dalam pengabdian ini adalah berupa peningkatan pegetahuan serta artikel ilmiah yang dipublikasikan baik pada media populer maupun pada jurnal ilmiah. Metode pengabdian yang dilakukan melalui perencanaan kegiatan, pelaksanaan dan evaluasi dari kegaitan. Evaluasi yang dilakukan dilihat dari tingkat kesungguhan (antusiasme) peserta dan juga perubahan pengetahuan berkenaan dengan kewirausahaan secara efektif terhadap produk yang dihasilkan yakni melalui pre test dan post test.


Berdasarkan hasil pengabdian masyarakat yang dilakukan sebelum dan setelah dilaksanakan kegiatan terjadinya peningkatan pengetahuan, pemahaman dan kemampuan anggota KUB Graha permai dalam kewirausahaan, dimana sebagian besar dari anggota mengetahui ide usaha dan bagaimana menjadikan sebuah inovasi. Kedua mereka memahami fungsi dan manfaat yang potensial pada kewirausahaan khususnya dalam peningkatan kesejahteraan dan ketiga mereka sudah mulai mampu untuk memperbaiki konsep kewirausahaan dalam berusaha sehingga diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan.

Article Details

Section
Articles

References

Hakim, A. R., Putria, N. E., & Azwanti, N. (2023, September). Pelatihan Peningkatan Usaha Pedagang Asongan Di Perumahan Buana Impian Kota Batam. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi (SNISTEK) (Vol. 5, pp. 574-580).

Mudjijah, S., & Anggraini, T. (2021). Pendampingan Kewirausahaan bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kecamatan Ciledug Kota Tangerang. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4(1), 119-127.

Ria, R., & Digdowiseiso, K. (2023). Pendampingan Kewirausahaan bagi Pelaku UMKM di Kelurahan Jakamulya Kota Bekasi. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 4(2), 469-477.

Suddin, Y. D. S. A. (2018). Pendampingan Dan Penyuluhan Ukm Tentang Tahu Asongan Pada Kelompok Pedagang Kecil Di Ngabeyan Kartasura Sukoharjo. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1).

Widodo, Z. D., Maryanti, I. E., Harsono, M., Darmaningrum, K., Adiyani, R., & Wijiastuti, S. (2022). Pendampingan Digitalisasi Kewirausahaan Umkm Terdampak Covid-19. Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(3), 51-58.