PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN (FINANCIAL PERFORMANCE) (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PUBLIK DI BURSA EFEK INDONESIA)

Main Article Content

INOVA FITRI SIREGAR

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk menguji pengaruh Intellectual Capital terhadap Kinerja keuangan dan Nilai pasar perusahaan yang akan dilihat dari 4 (empat) sektor perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.


Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 87 perusahaan jasa dan property dan 154 perusahaan manufaktur dan perdagangan yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia antara tahun 2007 sampai dengan 2009.


Metode analisis data yang digunakan terdiri dari Statistik Deskriptif, Pengujian Asumsi Klasik, Analisis Regresi Berganda, dan Uji Analysis of Variance untuk mengetahui pengaruh Intellectual Capital dalam pembentukan Kinerja Keuangan dan Nilai Pasar.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan (bersama-sama) komponen Intellectual Capital Efficiency berpengaruh positif terhadap pembentukan Kinerja Keuangan dan Nilai Pasar. Pada perusahaan jasa, property, manufaktur dan perdagangan.dan terdapat kinerja intellectual capital yang berbeda untuk setiap sektor industri jasa, property, manufaktur dan perdagangan.  Namun secara parsial peneliti menemukan bahwa tidak semua komponen pembentuk Intellectual Capital Efficiency berpengaruh terhadap pembentukan Kinerja Keuangan dan Nilai Pasar Perusahaan. yang paling dominan ditemukan oleh peneliti adalah pengaruh Structural Capital Efficiency.

Article Details

Section
Articles