PENGARUH BEBAN KERJA, LINGKUNGAN KERJA DAN KOMUNIKASI TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI PADA PERUMDA PASAR ARGHA NAYOTTAMA KABUPATEN BULELENG

Main Article Content

Komang Trisna Sari Dewi
Made Ani Mulyani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memutuskan pengaruh beban kerja, lingkungan kerja dan komunikasi terhadap prestasi kerja pegawai pada Perumda Pasar Argha Nayottama Kabupaten Buleleng. Prosedur pemeriksaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, t-test, analisis determinasi dan uji f-test. Hasil review menunjukkan bahwa beban kerja mempengaruhi prestasi kerja pada Perumda Pasar Argha Nayottama Kabupaten Buleleng. Dari hasil pengujian dengan uji T menunjukkan bahwa beban kerja berpengaruh sig terhadap prestasi kerja. Lingkungan kerja mempengaruhi prestasi kerja pada Perumda Pasar Argha Nayottama Kabupaten Buleleng. Dari hasil pengujian dengan uji T menunjukkan bahwa lingkungan kerja mempengaruhi prestasi kerja. Komunikasi berpengaruh langsung terhadap prestasi kerja pada Perumda Pasar Argha Nayottama Kabupaten Buleleng. Dari hasil pengujian dengan uji T menunjukkan bahwa komunikasi mempengaruhi prestasi kerja. Dilihat dari uji-f, diperoleh bahwa F-hitung > F-tabel adalah 50,535 > 3,29, hal ini menunjukkan bahwa beban kerja, lingkungan kerja dan komunikasi berpengaruh secara simultan pada prestasi kerja dengan tingkat sig. besar. 0,000 < 0,050.

Article Details

Section
Articles

References

Anastasya, Ledita. 2019. Pengaruh Beban Kerja terhadap Kinerja Perangkat Nagari dalam Pengelolaan Keuangan Nagari di Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Administrasi Publik Universitas Negeri Padang, Vol. 3(2), pp. 45-56.
Anwar Prabu Mangkunegara. 2015. Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan kedua belas. Remaja Rosdakarya: Bandung
Christian P. Matasik, Adolfina Adolfina, Genita G. Lumintang .2017. Pengaruh Komunikasi Dan Sikap Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan PT. Bank Negara Indonesia Kantor Cabang Manado.
Danang Sunyoto, Teori, Kuesioner, dan Analisis Data Sumber Daya Manusia, Yogyakarta : CAPS, 2012 hal 43.
Dani Praditya Setiawan .2016. Pengaruh beban Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Macanan Jaya Cemerlang Klaten-Jawa Tengah Indonesia.
Diah, N. 2016. Pengaruh Kepuasan Kerja, Lingkungan Kerjadan Loyalitas Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) (Studi Kasus Pada PT. Perwirabhakt Sentrasejatera di Kota Semarang). Jurnal of Management. Vol.2, No.2
Duwi, Priyatno. 2014, Spss 22: Pengolahan Data Terpraktis, Yogyakarta : C.V Andi Offset hal 99.
Dwidya Paskah Gabriela Pasaribu .2021. Pengaruh Kebutuhan Penghargaan Dan Beban Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pt. Putra Mulia Telecommunication Medan.
Edy, Sutrisno, .2016, Manajemen Sumber Daya Manusia, Kencana Prenada Media Group, Jakarta
Fatkhurahman. (2015). Kunci Sukses Berusaha. CV. Karya Nofa. https://books.google.co.id/books?id=FyKwEAAAQBAJ
Ghaisani Haura, Reni Febrianti dan Susiana Dewi Ratih. 2021. Pengaruh Disiplin Kerja, Kompensasi dan Beban Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT Kabelindo Murni, Tbk
Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Habibah .2020. Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Utara.
Haryani, .2010. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Dan Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Lks Di Kelas X Sma N 1 Karanganom, Klaten.
Husnaini Usman, Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara, 2014 hal 470
Judas, A. .2013. Mutasi Dan Promosi Jabatan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Kerja Pegawai. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1219-1228.
Kusuma, A. A., & Soesatyo, Y. 2014. Pengaruh Beban Kerja Terhadap Stres Kerja Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Manajamen, 2(2), 375–386
Latifah dan Nurmalasari .2018. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pada Dinas Pertambangan Dan Energi Kabupaten Ketapang.
Lilian dan Muhni Pamuji .2021. Pengaruh Komunikasi Dan Promosi Jabatan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Di PT. Indomarco Prismatama Cabang Palembang
Lukiyana dan Firman Davi Firdaus .2017. Pengaruh Beban Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Di Bagian Gudang Pada PT. Sarijasa Transutama Jakarta.
Malayu SP. Hasibuan, 2015, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. : Bumi Aksara, Jakarta.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2015. Evaluasi Kinerja SDM. Cetakan Pertama. Bandung : PT. Refika Aditama.
Miftah Thoha, Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya, Jakarta : Rajawali Pers, 2014 hal 191
Ngakan Putu Nines dan Luh Nik Oktarini .2021. Pengaruh Komunikasi dan Gaya Kepemimpinan Demokratis Terhadap Prestasi Kerja Karyawan UD. Percetakan Suci di Gianyar.
Noor, M. .2013. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai. Jurnal Paradigma, 441-452.
Nursalam. 2013. Metodologi penelitian: pendekatan praktis (edisi 3). Jakarta. Salemba Medika
Sedarmayanti. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama
Sofyan, D. K. .2013. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Kerja Pegawai BAPPEDA. Malikussaleh Industrial Engineering Journal, 18-23.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta 2016 hal 147
Suhud, Tubagus. 2013. “Peningkatan Prestasi Kerja Pegawai pada Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur”. Forum Penelitian, (13) : 591-592.
Tarwaka. 2011. Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Manajemen dan implementasi K3 di tempat kerja. Surakarta: Harapan Press.
Tri Widari .2016. Pengaruh Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai Badan Kepegawaian Daerah Istimewa Yogyakarta.
Wibowo. 2014. Perilaku Dalam Organisasi. Edisi Kedua. PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta