PENGARUH KEADILAN ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI PADA DINAS PEKERJAAN UMUM DAN TATA RUANG KABUPATEN BULELENG

Main Article Content

Ni Luh Sri Kasih
Putu Nomiyanti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah keadilan organisasi dan kepuasan kerja mampu meningkatkan komitmen organisasi pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Buleleng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner/kuesioner dengan alat ukur berupa Skala Setuju-Tidak Setuju, dimana responden yang dipilih adalah seluruh pegawai kontrak lapangan yang bekerja di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Buleleng sebagai sebanyak 64 pegawai, namun setelah dilakukan penyebaran kuesioner terdapat 3 (tiga) kuesioner yang jawabannya tidak lengkap sehingga hanya 61 kuesioner yang dianggap layak dalam penelitian ini. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model persamaan struktural (SEM) berbasis varians atau SEM berbasis komponen yang dikenal dengan Partial Least Square (PLS) Visual versi 2.0. Semua hubungan yang diteliti dalam penelitian ini menunjukkan hasil yang signifikan terkait kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional dan keadilan organisasional terhadap komitmen organisasional baik secara langsung maupun dimediasi oleh variabel kepuasan kerja. Sehingga diharapkan instansi pemerintah harus meningkatkan fairness dalam organisasi agar kerjasama antar pegawai semakin kuat. Memiliki keadilan organisasi yang baik dapat meningkatkan komitmen organisasi dalam organisasi untuk mencapai tujuan organisasi.

Article Details

Section
Articles

References

Akanbi, A., Ofoegbu, P., & Eugene, P. O. (2013). Impact of Perceived Organizational Justice on Organizational Commitment of a Food and Beverage Firm in Nigeria. International Journal of Humanities and Social Science, 3(14).
Antari, N. L. S. (2019). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Dan Turnover Intention (Studi Pada Losari Hotel Sunset Bali). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1).
Ferdinand, A. (2011). Metode Penelitian Manajeman : Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, Disertasi Ilmu Manajemen. Universitas Diponogoro.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis multivariate dengan program SPSS. Universitas Diponogoro.
Hutagalung, I. D. N., & I Made Artha Wibawa. (2018). Pengaruh Keadilan Organisasional Terhadap Komitmen Organisasional Dan Turnover Intention Karyawan Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(1).
Ihsan, D., Fitria, Y., & Syahrizal. (2019). Pengaruh keadilan organisasional terhadap intensi keluar pada karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 1(1).
Melanti, S. N. (2020). Pengaruh Keadilan Organisasi terhadap Komitmen Organisasi pada Karyawan Generasi Milenial. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(2).
Ningkiswari, I. A., & Wulandari, R. D. (2018). Pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen karyawan rumah sakit mata undaan surabaya. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 5(2).
Nurcahyani, D., & Fuad, M. (2017). Pengaruh Keadilan Organisasional Terhadap Komitmen Organisasi Dengan Jarak Kekuasaan Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Pt. Pln (Persero) Apj Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(3).
Nurmaladita, & Warsindah, L. (2015). Pengaruh Keadilan Organisasi Terhadap Komitmen Organisasi Melalui Kepuasan Kerja Pada Karyawan Bank Bni Kantor Cabang Utama Margonda, Depok, Jawa Barat. Seminar Nasional Cendekiawan.
Rato, K. W., & Leda, R. (2020). Pengaruh Keadilan Organisasi Terhadap Komitmen Organisasi Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi. Kajian Ilmu Administrasi, 17(2).
Saldanha, L. D. S., Supartha, W. G., & Riana, G. (2019). Pengaruh keadilan organisasional terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasional polícia nacional de timor-leste (Pntl). -Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 2(2).
Sancoko, C. A., & S., P. M. (2017). Pengaruh Keadilan Organisasi Terhadap Komitmen Organisasional Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Di Sekolah Santa Ursula Bsd. Jurnal MIX, 5(1).
Siregar, Z. M. (2020). Pengaruh Keadilan Organisasional terhadap Komitmen Organisasi : Peran Mediasi Kepuasan Kerja. JSHP, 4(2).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis (17th ed.). CV. Alfabeta.
Wirawan. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia. Rajawali Press.