PENGARUH PROMOSI, CITRA PERUSAHAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH ANGGOTA PADA KOPERASI JASA LUMBUNG WIBUH ARTA DI DESA BANYUNING–SINGARAJA

Main Article Content

Riana Dewi Kartika
Komang Lely Tristiantini

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi, citra perusahaan dan kualitas pelayanan terhadap peningkatan jumlah anggota pada Koperasi Jasa Lumbung Wibuh Arta Desa Banyuning-Singaraja. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan promosi berpengaruh terhadap peningkatan jumlah anggota pada Koperasi Jasa Lumbung Wibuh Arta Banyuning- Desa Singaraja. Hasil pengujian hipotesis dengan uji T-Test menunjukkan bahwa promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan jumlah anggota. Citra perusahaan berpengaruh terhadap peningkatan jumlah anggota pada Koperasi Jasa Lumbung Wibuh Arta Desa Banyuning-Singaraja. Hasil pengujian hipotesis dengan Uji-T menunjukkan bahwa citra perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan jumlah anggota. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap peningkatan jumlah anggota pada Koperasi Jasa Lumbung Wibuh Arta Desa Banyuning-Singaraja. Hasil pengujian hipotesis dengan Uji T menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan jumlah anggota.

Article Details

Section
Articles

References

Abdul Latief. 2018. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen dan Keuangan). Vol.7, No.1.
Batlajery, S. And Alfons, M. 2019. Analysis Of The Effect Of Public Relation And Sales Promotion On Decision Making Processes For Buying Water Refills In Merauke’, 10(3), Pp. 759–765.
Chaniago, Arifinal., Drs., 1987. Perkoperasian Indonesia, Bandung : Angkasa.
Fandy Tjiptono, Manajemen Pemasaran Jasa, PT Indeks Kelompok Gramedia,
Jakarta 2017.
Fandy Tjiptono, Manajemen Pemasaran Jasa, PT Indeks Kelompok Gramedia,
Jakarta 2018.
Fandy Tjiptono, Manajemen Pemasaran Jasa, PT Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta 2020.
Kasali, Rhenald. 2017. Disruption. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kasmir. 2017. Customer Service Excellent. PT Raja Grafindo Persada. Depok.
Kotler, P. & Armstrong, G. 2018. Principles of marketing (17th ed.). New Jersey: Pearson Prentince Hall. Roy Parto Purba. JOM FISIP VOL. 4 No. 1-Februari 2017.
Laksana. F. 2019. Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Khalifah Mediatama. Depok.
Nuranto,Heri.2017.Pengukuran Tingkat Partisipasi Anggota Dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Anggota Koperasi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial Universitas Indraprasta PGRI.
Soemirat, Soleh dan Elvino Ardianto. 2017. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Terhadap Kejadian Low Back Pain Pada Penjahit di Kota Pekanbaru. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, Volume 5, No. 2.
Prastuti, Betty., Sintia, Ine., & Ningsih, Kursiah Warti. 2020. Hubungan Lama Kerja dan Posisi Duduk.