PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI KONTRAK DI DINAS PEKERJAAN UMUM DAN TATA RUANG KABUPATEN BULELENG

Main Article Content

Komang Trisna Sari Dewi
Kadek Mega Swandewi

Abstract

Kinerja yang baik adalah kinerja yang optimal, yaitu kinerja yang sesuai standar organisasi dan mendukung tercapainya tujuan organisasi. Peningkatan kinerja pegawai akan membawa kemajuan pada organisasi yang akan berdampak baik terhadap organisasi begitu juga sebaliknya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja seperti gaya kepemimpinan dan iklim organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan iklim organisasi terhadap kinerja pegawai kontrak di Dinas Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang Pemerintah Kabupaten Buleleng. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis data model persamaan struktural (Strictural Equation Modeling-SEM) berbasis variance SEM, yang disebut Partial Least Square (PLS) visual version 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja pegawai adalah positif dan signifikan dimana nilai koefisien jalur sebesar 0.113 dengan nilai t-statistics 3.761 > 1,96 dan tingkat signifikan 0,001. Pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja pegawai adalah positif dan signifikan dengan nilai koefisien jalur 0.621 dengan nilai t-statistics 4.502 > 1,96 dan tingkat signifikan 0,001.

Article Details

Section
Articles

References

Hasibuan dan Malayu, 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Jakarta.
Jamaludin, A., 2017. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Kaho Indahcitra Garment Jakarta. Journal of Applied Business and Economics Vol. 3 No. 3. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial. Universitas Indraprasta PGRI. Jakarta.
Khairizah. A, Noor. I, Suprapto. A, 2020. Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan di Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang. Jurnal Administrasi Publik (JAP). Unibra. Malang.
Kurniawan, 2018. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Percetakan Dimas Kota Palembang. JEMBATAN – Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan Tahun XV No 1. Universitas Indo Global Mandiri. Palembang.
Purnama, H. 2017. Pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja karyawan Politeknik LP3I Jakarta Kampus Cikarang. Poltek LP3I, Jurnal Lentera Bisnis. Vol. 6 No. 1. Jakarta.
Setiawan, 2015. Pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja karyawan level pelaksana di divisi operasi PT. Pusri Palembang. PSIKIS –Jurnal Psikologi Islami Vol. 1 No. 1. Prodi Psikologi Islam Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam Negeri Raden Fatah. Palembang.
Sugiarta, P., Ambarwati, IGAA. Adiputra, IG. 2017. Pengaruh Kinerja Penyuluh Pertanian Terhadap Perilaku Petani Pada Penerapan Teknologi PTT dan Produktivitas Padi Di Kabupaten Buleleng. Jurnal Manajemen Agribisnis. Vol. 5, No. 2. Universitas Udayana. Denpasar.
Susanty, 2012. Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Karyawan pada Universitas Terbuka. Jurnal Organisasi dan Manajemen. Universitas Terbuka. Jakarta.
Wirawan, 2009. Budaya dan Iklim Organisasi. Cetakan Kedua. Salemba Barat, Jakarta.