PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN PADA UNIT PELAYANAN KURIR APOTIK DI RSUD KABUPATEN BULELENG

Main Article Content

Made Teguh Bayu Prasetya
Putu Eka Nopiyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan dan motivasi kerja terhadap peningkatan kinerja pegawai pada Unit Pelayanan Farmasi Kurir RSUD Buleleng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data kuesioner. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 60 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin kerja dan motivasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada unit jasa kurir apotek dilihat dari r (simultan) diperoleh sebesar 0,818 (terletak antara 0,80-1.000) dan koefisien determinasi sebesar 65,7% yang menunjukkan hubungan berbanding lurus. dan sangat kuat antara disiplin dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai, maka dari hasil pengujian hipotesis dengan uji t diketahui bahwa thitung (8,728) > ttabel (2,002) sehingga hipotesis pertama diterima yaitu “Disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai”. pada unit pelayanan kurir farmasi RSUD Buleleng Selanjutnya hasil pengujian hipotesis dengan uji T menunjukkan bahwa thitung (8,339) > ttabel (2,002) sehingga hipotesis kedua diterima yaitu “Motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada unit pelayanan kurir farmasi RSUD Buleleng”. Kemudian hasil pengujian hipotesis dengan uji F diketahui bahwa Fhitung (57,507) > Ftabel (3,16) dengan = 0,000 H0 ditolak dan Ha diterima sehingga hipotesis ketiga adalah diterima yaitu “Disiplin motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai unit pelayanan kurir apotek di Indonesia. RSUD Buleleng.

Article Details

Section
Articles

References

Adamy, Marbawi. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Praktik dan Penelitian). Universitas Malikussaleh.
Abdullah, M. Ma’ruf. 2014. Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Ambayo, A.F at al. 2015. Pengaruh Kedisiplinan, Beban Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Laki-laki dan Perempuan pada SMK Negeri 1 SIGI (Studi perbandingan). Jurnal Katalogis. Universitas Takulako.
Astria, Kenny. 2018. Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Pamulang. Jurnal Mandiri Universitas Pamulang.
Darmawan, Didit. 2019. Pengantar Manajemen. Surabaya: Revka Prima Media.
Gorda, I Gusti Ngurah. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Denpasar: Asta Brata Bali.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2015. Aplikasi Multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasibuan, Malayu S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi: Bumi Aksara.
Hardani, at al. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.
Hartiningsih, Maria. 2017. Pengaruh Disiplin dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Sleman). Skripsi. Universitas Negeri Yoyakarta.
Juliyanti, B & Onsardi. 2020. Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
Kristanti, Desi. 2019. Pengaruh Disiplin Kerja Karyawan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi (Studi di UD. Pratama Karya Kota Kediri). Jurnal Nusamba Universitas Kediri.
Malka, A. E. I at al. 2020. Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Center Of Economic Student Journal Universitas Muslim Indonesia.
Mahrizal, Dikki. 2019. Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Multi Kadera Sejati, Jetis Mojokerto. Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Universitas Pembangunan nasional “Veteran” Jawa Timur.
Mahyanaila, Rahayu. 2016. Manajemen. Jakarta: Addar Press. Nurhayati, Nunung. 2020. Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Kertasmaya Kabupaten Indramayu. Jurnal Universitas Wiralodra Indramayu.
Prianti, Atika. 2018. Pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. Hyup Sung Indonesia, Purbalingga. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto.
Rivai, Veithzal. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Ke Praktik. Jakarta: Rajawali Press.
Robbins, Stephen. 2006. “Perilaku Organisasi”, Prentice Hall, Edisi Kesepuluh Subardini, “Peningkatan Kinerja Melalui Perilaku Kerja Berdasarkan Kecerdasan Emosional”. Telaah Bisnis
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Cetakan ke 21. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno, Edi. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenado Media Group.
Siagian, Sondang. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Saleh, A.R. 2018. Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Etos Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi di PT. INKO Java Semarang. Jurnal STIE AMA Salatiga.
Siregar, Sofyan. 2012. Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sutrisno, Edi. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.
Suwando, D. I & Susanto E. M. 2015. Hubungan Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, dan kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan.
Tsauri, Sofyan. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jember: STAIN Jember Press.
Wirawan. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.
Wahyudi. 2019. Pengaruh Disiplin dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business. Universitas Pamulang Banten.