PENGARUH WOM, KUALITAS PRODUK, HARGA TERHADAP BRAND IMAGE SERTA IMPLIKASINYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MERK XIAOMI DI KOTA PEKANBARU

Main Article Content

Antonia Elsa Febrina Tarigan
Gatot Wijayanto
Any Widyatsari

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh WOM, kualitas produk, harga terhadap Brand Image serta implikasinya pada keputusan pembelian produk smartphone merk Xiaomi di Kota Pekanbaru. Populasi penelitian adalah seluruh pengguna smartphone merk Xiaomi yang berada di Kota Pekanbaru dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif deskriptif. Data analisis menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM) yang dioperasikan melalui program smartPLS 3.2.8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh WOM, Kualitas produk dan Harga terhadap Brand image dan Keputusan Pembelian. Ada pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian. Ada pengaruh tidak langsung WOM dan kualitas produk terhadap Keputusan Pembelian yang dimediasi oleh Brand Image. Tidak Terdapat adanya pengaruh tidak langsung Harga terhadap Keputusan Pembelian yang dimediasi oleh Brand Image.


 

Article Details

Section
Articles

References

Amilia, S., & Asmara, O. M. (2017). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal manajemen dan keuangan, 6(1), 660-669.
Chaeriah, S.E. (2016). Pengaruh harga, citra merek dan kualitas produk terhadap loyalitas pengguna smartphone Samsung (Studi Pada Mahasiswa Magister Manajemen UNKRIS). Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 4(3).
Dharmmesta, B.S., & Handoko, T. H. (2016). Manajemen Pemasaran: analisis perilaku konsumen. Edisi pertama, Cetakan Ketujuh. Yogyakarta: BPFE.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas Jilid Pertama. Jakarta Barat: PT. INDEKS.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran Bagian 5. Edisi ketiga belas Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga.
Lotulung, S.C., Lapian, J., & Moniharapon, S. (2015). Pengaruh kualitas produk, harga, dan WOM (word of mouth) terhadap keputusan pembelian handphone Evercross pada CV. Tristar Jaya Globalindo Manado. Jurnal EMBA, 3(3), 817-826.
Maghfiroh, K. (2019). Pengaruh harga, kualitas produk dan word of mouth terhadap kepuasan konsumen serta implikasinya pada keputusan pembelian smartphone Xiaomi. Business Management Analysis Journal, 2(2), 34-44.
Semuel, Hatane & Lianto, A. S. (2014). Analisis eWOM, brand image, brand trust dan minat beli produk smartphone di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), 47-54.
Setiawan, H.Y., & Alwie, A. F. (2019). Peran kualitas produk, citra merek, dan Gaya hidup terhadap keputusan pembelian konsumen dan loyalitas merek Apple di Kota Pekanbaru. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, 11(2), 258-271.
Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Jakarta: Erlangga