PERAN MOTIVASI KERJA DALAM MEMEDIASI PENGARUH REWARD DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. INDAH PERMAI SINGARAJA

Main Article Content

Luh Yuli Nurjiasih
Ketut Sudarnaya

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengangkat pembahasan terkait peran motivasi kerja dalam memediasi pengaruh reward dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Permai Singaraja yang indah. Lokasi penelitian ini dilakukan di Jalan Surapati Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali. Populasi dalam penelitian ini adalah 67 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel sensus dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel seluruhnya. Alat pengukuran data menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan softwear smart-PLS.Penelitian ini bermaksud untuk mengangkat pembahasan terkait peran motivasi kerja dalam memediasi pengaruh reward dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Permai Singaraja yang indah. Lokasi penelitian ini dilakukan di Jalan Surapati Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali. Populasi dalam penelitian ini adalah 67 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel sensus dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel seluruhnya. Alat pengukuran data menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan softwear smart-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 7 hubungan yang diteliti pengaruh reward terhadap kinerja karyawan sebesar 0,728 dan nilai t-statistik sebesar 11,079, pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan sebesar 0,560 dan nilai t-statistik sebesar 3,696 pengaruh reward terhadap motivasi kerja sebesar 0,026 dan nilai t statistik sebesar 4,468, pengaruh lingkungan terhadap motivasi kerja sebesar 0,882 dan nilai t-statistik sebesar 27,318, pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan sebesar 0,501 dan nilai t-statistik nilai t-statistik sebesar 3,150, motivasi kerja memediasi reward terhadap kinerja karyawan sebesar 0,013 dan nilai t-statistik sebesar 3,449, motivasi kerja memediasi lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan sebesar 0,441 dan nilai t-statistik sebesar 3,231. 

Article Details

Section
Articles

References

Bandiyono, a., hamzah, k. F., & hidaya, n. A. (2021). Pengaruh reward dan punishment terhadap kedisiplinan pegawai. Jurnal ekonomi, 26(1), 50-65.
Dewi, a. D. (2019). Pengaruh pelatihan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan perusahaan daerah pasar surya surabaya (doctoral dissertation, universitas muhammadiyah surabaya).
Febriani, t., made, n., & indrawati, a. D. (2013). Pengaruh motivasi, kompensasi, serta lingkungan kerja fisik terhadap kinerja kerja karyawan hotel the niche bali (doctoral dissertation, udayana university).
Genoveva, v. (2021). Pengaruh motivasi, budaya organisasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai (studi kasus pada dinas pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan keluarga berencana kabupaten mappi). Jurnal ilmu hukum, humaniora dan politik, 1(4), 396-410.
Lawasi, e. S., & triatmanto, b. (2017). Pengaruh komunikasi, motivasi dan kerjasama
Leung, j., & lim, d. W. (2016). Pengaruh budaya organisasi terhadap employee engagement dengan perceived organizational support sebagai variabel intervening di restoran imperial chef galaxy mall surabaya. Jurnal hospitality dan manajemen jasa, 4(1), 422-439.
Mufidah, n. M., & purnamasari, p. E. (2018). Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan corporate social responsibility dan good corporate governance sebagai variabel moderating. El dinar: jurnal keuangan dan perbankan syariah, 6(1), 64-82.
Nugroho, s. A. (2020). Pengaruh motivasi kerja, disiplin kerja, lingkungan kerja, dan pemberdayaan terhadap kepuasan kerja karyawan pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota surabaya (doctoral dissertation, upn" veteran" jawa timur).
Nur azizah, m. M. (2019). Analisis penempatan, motivasi kerja dan pengembangan karir terhadap kepuasan kerja pada pt. Angkasa pura ii (persero) bandara husein sastranegara bandung (doctoral dissertation, universitas komputer indonesia).
Qoyyimah, m., abrianto, t. H., & chamidah, s. (2020). Pengaruh beban kerja, stres kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan bagian produksi pt. Inka multi solusi madiun. Asset: jurnal manajemen dan bisnis, 2(1).
Rahayu, a., & haryanto, s. (2017). Pengembangan instrumen pengukuran nilai kedisiplinan siswa. Wiyata dharma: jurnal penelitian dan evaluasi pendidikan, 5(2), 12-18.
Saputra, d. A. (2021). Pengaruh reward terhadap kinerja agen pt. Prudential life assurance di pekanbaru (doctoral dissertation, universitas islam riau).
Saputra, d., nurlina, n., & hasan, l. (2017). Pengaruh reward dan punishment terhadap produktivitas kerja karyawan pt. Kereta api indonesia (persero) divisi regional ii sumatera barat. Manajemen dan kewirausahaan, 8(1), 53-66.
Saputri, a. D., handayani, s., & dp, m. K. (2021). Pengaruh disiplin kerja dan pemberian insentif terhadap kinerja karyawan pt putra karisma palembang. Jurnal nasional manajemen pemasaran & sdm, 2(1), 25-42
Suindrawan, a. A. N. G., wirateja, a. A. B., & sudarmawan, i. K. O. (2021). Loyalitas, motivasi, dan lingkungan kerja sebagai penentu kinerja karyawan pada restoran betari seafood kedonganan. Journal of tourism and interdiciplinary studies, 1(2), 56-63.
Tampubolon, b. D. (2007). Analisis faktor gaya kepemimpinan dan faktor etos kerja terhadap kinerja pegawai pada organisasi yang telah menerapkan sni 19-9001-2001. Jurnal standardisasi, 9(3), 106-115.
Victorynie, i. (2016). Pengambilan keputusan kepala sekolah dengan memberikan penghargaan (reward). Pedagogik (jurnal pendidikan sekolah dasar), 4(2), 22-31.
Wasiman, w. (2018). Pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi dan komunikasi terhadap kinerja karyawan pada rumah sakit swasta di kota batam. Jurnal akrab juara, 3(1), 19-30.