PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PELATIHAN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT KARYA PAK OLES TOKCER

Main Article Content

Komang Robin Hendrayana Putu Eka Nopiyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan, pelatihan dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan PT. Karya Bpk. Oles Tokcer. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data kuesioner. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 42 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi berganda dengan bantuan SPSS. Itu hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan dilakukan untuk membandingkan nilai t-hitung dengan t-tabel. Dalam studi ini, (tingkat kesalahan) = 5% dan df (derajat kebebasan = derajat kebebasan) = n-k-1 = 60 – 2 – 1 = 57 sehingga jumlah t-tabel = t(a.df) yang dicari adalah t (5%, 38) adalah 2,024. Mengacu pada hasil di atas, nilai t-hitung > t-tabel (5,590 > 2,024) dengan nilai probabilitas (α = 5%) = 0,000 berada di bawah 0,05. Ini berarti bahwa Ha bisa diterima dan Ho ditolak sehingga “Tingkat pendidikan berpengaruh terhadap kinerja karyawan di PT. Pekerjaan Bapak. Oles Tokcer”, maka thitung > ttabel (6,471 > 2,024) dengan nilai probabilitas (α = 5%) = 0,000 di bawah 0,05. Artinya Ha dapat diterima dan Ho ditolak sehingga “Pelatihan berpengaruh terhadap kinerja pegawai di PT. Karya Bapak Oles Tokcer". Dan nilai t hitung > t tabel (8,282 > 2,024) dengan probabilitas nilai (α = 5%) = 0,000 di bawah 0,05. Artinya Ha dapat diterima dan Ho ditolak sehingga “Kerja Disiplin berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan di PT. Karya Bapak Oles Tokcer".

Article Details

Section
Articles

References

Ataunur, I., & Ariyanto, E. (2015). Pengaruh Kompetensi dan Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan PT. Adaro Energy Tbk.
Edy Sutrisno (2016) ‘Indikator-Indikator yang mempengaruhi disiplin kerjamenurut Simamora dalam Sari (2013)
Fathoni, A. (2016). Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghozali, Imam. 2013., Aplikasi Analisis Multivariate dengan ProgramIBMSPSS21 Update PLS Regresi., Badan Penerbit Universitas Diponegoro., Semarang
Hernidatiatin, L. T., & Susijawati, N. (2017). Pengaruh Tingkat PendidikanTerhadap Prestasi Kerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening.
Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Kosdianti, L., & Sunardi, D. (2021). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Satria Piranti Perkasa Di Kota Tangerang.
Lubis, A. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pendidikan TerhadapKepuasan Dan Loyalitas Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Medan.
Mufidah., Mandey, S.L. & Mananeke, L. 2014. Analisis Tingkat Pendidikan, Kompetensi dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PTAsuransi Jasa Raharja Putera Manao.
Nurafni Rozalia et all, Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadapkinerja Karyawan : Studi Kasus Pada Karyawan PT . PattindoMalang), Jurnal Administtrasi Bisnis
Rachmawati, F. (2016). Pengaruh Pelatihan Kerja dan Motivasi Kerjaterhadap Kinerja Karyawan pada PT Trias Sentosa, Sidoarjo.
Supriyatna, y. (2020). Yudha supriyatna (2020) tingkat pendidikan dan masakerja terhadap kinerja karyawan pt prima makmur rotokemindo.
Sutrisno Edy. Manajemen Sumber Daya Manusia, (Jakarta: Kecana,2009)
Sanusi, 2011., Metode Penelitian Bisnis., Salemba Empat., Jakarta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bandung: Penerbit Alfabeta. www.pakoles.com