PENGARUH PENGALAMAN USAHA, TEKNOLOGI INFORMASI DAN KEMAMPUAN BERWIRAUSAHA TERHADAP KINERJA UMKM DI KOTA PEKANBARU

Main Article Content

Yudha Ananda
Machasin Machasin
Kurniawaty Fitri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman usaha, teknologi informasi dan keterampilan kewirausahaan terhadap kinerja UMKM sektor industri pengolahan makanan di Kota Pekanbaru pada masa Pandemi COVID-19. Populasi dalam penelitian ini yaitu UKM sektor industri pengolahan makanan yang terdaftar di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru berjumlah 325. Sampel berjumlah 76 menggunakan Rumus Slovin dengan batas kesalahan 10%. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda dan uji asumsi klasik. Untuk menguji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, pengujian hipotesis menggunakan uji F, uji t dan analisis koefisien determinasi menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman usaha berpengaruh terhadap kinerja UMKM, teknologi informasi berpengaruh terhadap kinerja UMKM, dan kemampuan kewirausahaan berpengaruh terhadap kinerja UMKM dan pengalaman usaha, teknologi informasi dan kemampuan wirausaha secara simultan berpengaruh terhadap kinerja UMKM.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman usaha, teknologi informasi dan keterampilan kewirausahaan terhadap kinerja UMKM sektor industri pengolahan makanan di Kota Pekanbaru pada masa Pandemi COVID-19. Populasi dalam penelitian ini yaitu UKM sektor industri pengolahan makanan yang terdaftar di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru berjumlah 325. Sampel berjumlah 76 menggunakan Rumus Slovin dengan batas kesalahan 10%. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda dan uji asumsi klasik. Untuk menguji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, pengujian hipotesis menggunakan uji F, uji t dan analisis koefisien determinasi menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman usaha berpengaruh terhadap kinerja UMKM, teknologi informasi berpengaruh terhadap kinerja UMKM, dan kemampuan kewirausahaan berpengaruh terhadap kinerja UMKM dan pengalaman usaha, teknologi informasi dan kemampuan wirausaha secara simultan berpengaruh terhadap kinerja UMKM.

Article Details

Section
Articles

References

Aufarrakhman, M.N. and Baridwan, D.Z. (2016), “Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Kinerja UKM Batik di Kota Malang Pada Era Revolusi Industri 4.0”.
Antarini, U.S. (2019), Pengaruh Teknologi Informasi Dan Keahlian Penjual Terhadap Kemitraan Rantai Pasokan Serta Kaitanya Dengan Kinerja Bisnis (Studi Empirik Pada UMKM Batik Di Kampung Batik Laweyan Dan Kauman Surakarta), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Badan Pusat Statistik (BPS) diakses dari httpp://www.bps.go.id/, diakses pada 10 Oktober 2021 jam 21.25 WIB.
Darmanto. (2018), Kiat Pencapaian Kinerja UMKM, Cv Budi Utama, Sleman.
Firdarini, K.C., Kundala, M.M., Puspitasari, L., Budiyanto, E., Hafid, M.R. and Azzam, Q. (2018), Pengaruh Pengalaman Usaha Dan Penggunaan Informasi Akuntansi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Terhadap Keberhasilan Usaha, STIE Widya Wiw aha, Yogyakarta.
Fatimah, S. and Azlina, N. (2021), “Pengaruh Teknologi Informasi dan Inovasi Terhadap Kinerja Usaha Kecil dan Menengah (UKM)”, Jurnal Riset Akuntansi Dan Perbankan, Vol. 15 No. 1, available at: http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288.
Khaeruddin, G.N., Nawawi, K. and Devi, A. (2020), “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Umkm Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pedagang Kaki Lima Di Desa Bantar Jaya Bogor)”, Jurnal AKRAB JUARA, Vol. 5 No. November.
Lestansi, D. (2015), “Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Pengalamanb Usaha, dan Motivasin Kerjai Terhadapp Persepsi Penggunaann Informasii Akuntansi Pada Pelaku UMKM di Boyolali”.
Matandra, Z. (2018), Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Produktivitas Dan Kinerja Karyawan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Wilayah Kota Makassa, UIN Alauddin Makassar.
Mukaramah. (2019), Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Kemampuan Berwirausahaa Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam ( Febi ) Iain Palangka Raya, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya.
Piani, R.L. (2016), Pengaruh Modal Kerja Dan Pengalaman Usaha Terhadap Pendapatan Usaha Industri Kulit Di Perkampungan Industri Kecil (PIK) Pulogadung Jakarta, Universitas Negeri Jakarta.
Qamariyah, N., Nurhajati and Basalamah, M.R. (2021), “Pengaruh Inklusi Keuangan, Kemampuan Berwirausaha Dan Peran Lembaga Keuangan Mikro Terhadap Kinerja Umkm Di Kota Sumenep Madura”, Jurnal Riset Manajemen, No. 2013, p. 15.
Riyanti, E. (2013), Pengalaman Kerja Dalam Menjalankan Usaha, Media Aksara, Jakarta.
Sari, N.M.W., Suwarsinah, H.K. and Baga, L.M. (2016), “Pengaruh Karakteristik Kewirausahaan terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah(UMKM) Gula Aren di Kabupaten Lombok Barat”, Jurnal Penyuluhan, Vol. 12 No. 1, available at:https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v12i1.11320.
Survei Kinerja UMKM di Masa Pandemi Covid19. lipi.go.ig. 30 Juni 2020. http://lipi.go.id/berita/survei-kinerja-umkm-di-masa-pandemi-covid19/22071.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Wahyuni. (2015), Pengaruh Tingkat Pengalaman Berw Irausaha, Produktivitas Dan Inovasi Terhadap Pengembangan Usaha Kulit Lumpia (Studi Kasus Pada UMKM Kulit Lumpia Di Kelurahan Kranggan Kota Semarang), Universitas Diponegoro.
Yulianingsih, I. (2020), Pengaruh Motivasi Kerja, Pengetahuan Akuntansi Dan Pengalaman Usaha Terhadap Persepsi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Pelaku UKM Di Kabupaten Tegal, Universitas Pancasakti Tegal.