PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA PADA KOPERASI SYARIAH BMT DI RUMBAI-PEKANBARU

Main Article Content

ARIZAL .N
WITA DWIKA LISTIHANA

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara empiris pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Peleyanan terhadap Loyalitas anggota Koperasi Syariah di Rumbai-Pekanbaru.


Metode penelitian adalahmetode deskriptif (survey) dengan desain penelitian kuantitatif, data yang digunakan adalah data pimer dan skunder.Poulasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah anggota koperasi syariah BMT di Rumbai-Pekanbaru. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 90 orang, dimana penetapan jumlah sampel adalah berdasarkan menggunakan pendapat slovim. Sedangkan teknik pengambilan sampel adalah teknik non random sampling dengan metode axidentalsampling.Alat yang digunakan dalam analisis data adalah dengan menggunakan Warp.PLs.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bauran pemasaran mempunyai pengaruh langsung terhadap loyalitas sebesar 0,30 berarti bahwa bauran pemasaran secara positif akan dapat meningkatkan loyalitas sebesar 0,30. Kualitas pelayanan juga  mempunyai pengaruh langsung terhadap loyalitas sebesar 0,42 berarti bahwa kualiats pelayanan  secara positif akan dapat meningkatkan loyalitas sebesar 0,42..


 


Kata kunci: Bauran Pemasaran, Kualitas Pelayanan dan Loyalitas.

Article Details

Section
Articles