ANALISIS PELAYANAN PUBLIK PASCA PEMEKARAN DI KECAMATAN KULIM KOTA PEKANBARU

Main Article Content

Irawati Irawati
Nurpeni Nurpeni
Widia Astuti
Trio Saputra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pelayanan yang diberikan kepada masyarakat oleh Kantor Camat Kulim setelah dilakukan pemekaran terutama dalam pelayanan yang berhubungan dengan administrasi kependudukan yang diperlukan oleh masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dari tahap observasi dan juga melakukan wawancara . Dari hasil penelitian yang dilakukan sudah dilakukan dengan cukup baik yang dapat dilihat dari masing-masing indikator dimensi Tangible (berwujud), Realibility (kehandalan), Responsiviness (daya tanggap) Assurance (jaminan ) dan Emphaty (empati). Adapun faktor penghambat dalam dalam penelitian ini adalah kurangnya sumberdaya pegawai dan kurangnya sarana dan prasarana dalam pelayanan

Article Details

Section
Articles

References

Atmosuprapto , 2012, Manajemen pelayanan Sektor Publik, Pustaka Pelajar, Jakarta

Kumorotomo , 2011, Pelayanan Publik Di Indonesia, Rineka Cipta , Jakarta

Saputra, T. (2016). Kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik (studi kasus kantor Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar). Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, 4(2), 89-100.

Saputra, T., & Utami, B. C. (2017). Road map bureaucracy reform public service government Provincial Riau. Jurnal Perspektif Pembiayaan Dan Pembangunan Daerah, 4(4), 231-244.

Saputra, T., Marlinda, P., & Sufi, W. (2018). Implementasi Kebijakan Inovasi Pelayanan Publik Di Puskesmas Jaya Mukti Dalam Meningkatkan Kepuasan Masyarakat. Jurnal Niara, 11(2.2019), 177-188.

Sinambela, 2011, Konse dasar Pelayanan Publik, Rineka Cipta, Jakarta

Sondang. P. Siagian, Manajemen Sumber Daya manusia ,Edisi Pertama, Pustaka ,Jakarta

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Kualitatif untuk penentuan yang bersifat Eksploratif ,Enterprenif, Interaktif dan Kontruktif, Bandung, Alfabeta

Supartiningsih, S. (2017). Kualitas pelayanan kepuasan pasien rumah sakit: kasus pada pasien rawat jalan. Jurnal medicoeticolegal dan manajemen rumah sakit, 6(1), 9-15.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 63 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Rohaeni, H., & Marwa, N. (2018). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ecodemica, 2(2), 312-318.