PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. GIVARI SMART TECHNINDO PEKANBARU DENGAN DISIPLIN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Main Article Content

Mukhtadi Adam Surya
Raden Lestari Garnasih
Rosnelly Roesdi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan PT. Givari Smart Technindo Pekanbaru dengan disiplin kerja sebagai variabel intervening. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Givari Smart Technindo Pekanbaru tahun 2021 yang terjual 50 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dengan menggunakan program SPSS 25. Dari hasil pengujian yang dilakukan diketahui bahwa motivasi, disiplin kerja, dan kinerja pada PT. Givari Smart Technindo Pekanbaru dinilai masih belum cukup baik. Dari hasil pengujian diketahui bahwa motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja pada PT. Givari Smart Technindo Pekanbaru dengan pengaruh sebesar 46,8%. Kemudian motivasi dan disiplin kerja juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja PT. Givari Smart Technindo Pekanbaru sebesar 71,7%. Dan dari uji sobel diketahui bahwa motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja melalui disiplin kerja karyawan PT. Givari Smart Technindo Pekanbaru. Pemimpin harus mengevaluasi hasil kerja dalam bentuk diskusi dengan atasan, mendengarkan dan menerapkan kritik dan saran dari pelanggan dengan menyediakan kotak saran. Supervisor di PT. Givari Smart Technindo Pekanbaru dapat berperan sebagai mediator antara karyawan dan konsumen. Maka perusahaan hendaknya menghargai hal-hal yang berdampak baik bagi perusahaan yang dilakukan oleh karyawan, meskipun hanya hal-hal kecil, misalnya memuji mereka, guna meningkatkan rasa hormat dan semangat kerja karyawan. Atasan dapat mengapresiasi kinerja yang baik dengan membiarkan karyawan menyampaikan pendapat atau menyampaikan keluhannya di tempat kerja. Atasan diharapkan bersikap tegas terhadap karyawan yang ceroboh. juga disertai dengan saran dan solusi agar karyawan memahami kesalahannya sehingga tidak mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari.

Article Details

Section
Articles

References

Ananto Pramadhika, 2011. Motivasi Kerja Dalam Islam, Jurnal Motivasi Kerja, September,

Apriana, L. (2019). Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja (Quality Of Work Life), Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada CV. Dharma Utama - Duta Catering, Batu) (Skripsi, Universitas Islam Malang, 2019)

Ardana, I Komang, Ni Wayan Mujiati, I Wayan Mudiartha Utama. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Satu. Cetakan Ke-1. Yogyakarta: Graha Ilmu

Candana, Dori Mittra, et all (2020). Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Disiplin Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Batang Hari Barisan (Skripsi, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, 2020)

Hasibuan, (2012), Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara Jakarta

Hasibuan, (2012), Sumber Daya Manusia dan Produktifitas Kerja, Manda Pustaka Jakarta

Listiyana, Winda, et all (2019) Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap inerja Karyawan Melalui Disiplin Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Karyawan PT. Sianyu Perkasa Semarang). (Skripsi, Univertsitas Diponegoro, 2019)

Mangkunegara, , A.A, Anwar Prabu, (2011), Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Remaja Rosdakarya

Mangkunegara, A.A, Anwar Prabu, (2015), Evaluasi Kinerja SDM, PT. Refika Aditama Bandung

Mazidah, Nita Nur (2018). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan dengan Disiplin Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi kasus di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia). (Skripsi, Universitas Islam Indonesia, 2018)

Robbins, S. P, (2015). Organizational Behaviour. New Jersey: Mc Graw-Hill.

Siagian, S. P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono, (2012). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif fan R&. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2017). Statistik Untuk Penelitian. CV. Alfabeta Bandung.

Veithzal, Rivai, Ella Jauvani Sagala. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktek. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Zahari, M. (2015). Pengaruh Motivasi Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Pada Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Jambi (Skripsi, Universitas Batanghari Jambi, 2015)