PENGARUH KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP DISIPLIN SERTA DAMPAKNYA PADA PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PT DIAN ANGGARA PERSADA SIAK

Main Article Content

Muhammad Tarmizi
Machasin Machasin
Dian Puspita Novrianti

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT. Dian Anggara Persada di Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, untuk menyelidiki peran keselamatan dan kesehatan serta kualitas lingkungan kerja dalam mempengaruhi produktivitas karyawan. Peneliti di PT. Dian Anggara Persada menggunakan sampel sebanyak 110 pekerja dan dilakukan analisis statistik dengan menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, dan Metode Msi. Analisis jalur, atau analisis jalur menggunakan program statistik untuk ilmu sosial versi 26, digunakan untuk menganalisis data. Hasil pengujian menunjukkan bahwa keselamatan dan kesehatan kerja dan lingkungan berdampak pada produktivitas melalui lingkungan kerja, bahwa keselamatan dan kesehatan kerja dan lingkungan secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap produktivitas, dan bahwa keselamatan dan kesehatan kerja dan lingkungan di tempat kerja memiliki pengaruh tidak langsung terhadap produktivitas. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa arah dan pengetahuan tentang penggunaan mesin, serta variabel lingkungan kerja yang harus meningkatkan fasilitas kerja bagi karyawan, semuanya penting untuk meningkatkan produktivitas, demikian pula variabel disiplin kerja yang harus ditingkatkan pada kepatuhan perusahaan terhadap aturan dan penyelesaian pekerjaan tepat waktu.

Article Details

Section
Articles

References

Ghozali, I. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasibuan, M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Hartatik, Indah Puji. 2014. Buku Praktis Mengembangkan SDMI. Yoyakarta: Laksana
Mathis, R. L., & Jackson, J. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.
Mondy, R. W., & Noe, R. M. (2010). Human Resources Management, Edisi ke-9.New Jersey: Prentice Hall.
Puspita, A. (2018). Pengaruh Keselamatan Kerja, Kesehatan Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pt. Usaha Tani Maju Kab.Kediri. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Diakses dari : simki.unpkediri.ac.id.
Rahmawanti, N. P., Swasto, B., & Prasetya, A. (2014). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 1–9.
Ravianto J. (2012). Produktivitas dan Manusia Indonesia. Jakarta : Lembaga SIUP.
Sedarmayanti. (2017). Tata Kerja dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju.
Sedarmayanti. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.
Singarimbun, Masri dan Sofian E. (2018) Metode Penelitian Survei, Jakarta: LP3ES.
Suroto, B., Novita, N., Pailis, E. A., Waldelmi, I., & Fatkhurahman, F. (2017). Metode Penelitian Tindakan Solusi Bagi Masalah Sosial. Diklat Review: Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 1(1), 25-28.
Sutrisno. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke- 8. Jakarta : Prenada Media Group.