PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI MELALUI MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI KAMPUS SUMATERA BARAT

Main Article Content

Muchtarul Mulsiansyah
Sri Indarti
Machasin Machasin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan dan kompetensi terhadap kinerja pegawai melalui motivasi sebagai variabel intervening di Institut Tata Kelola Dalam Negeri Kampus Sumatera Barat, rangkaian upaya mengutamakan kinerja pegawai dengan berbagai motivasi sebagai perubahan dalam kehidupan pegawai. institusi pemerintah. Masalah belum tertangani dalam peningkatan pengembangan sumber daya manusia.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan dan kompetensi terhadap kinerja pegawai melalui motivasi sebagai variabel intervening di Institut Tata Kelola Dalam Negeri Kampus Sumatera Barat, rangkaian upaya mengutamakan kinerja pegawai dengan berbagai motivasi sebagai perubahan dalam kehidupan pegawai. institusi pemerintah. Masalah belum tertangani dalam peningkatan pengembangan sumber daya manusia. Masalah dalam penelitian ini yang dikaji adalah pengaruh kepemimpinan dan kompetensi terhadap kinerja pegawai melalui motivasi sebagai variabel intervening di Institut Tata Kelola Dalam Negeri Kampus Sumatera Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pegawai, studi pustaka dan wawancara langsung dengan pegawai di bagian penyelenggaraan pendidikan kedinasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kepemimpinan berpengaruh positif terhadap motivasi; (2) kompetensi berpengaruh positif terhadap motivasi: (3) kepemimpinan tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai; (4) kompetensi berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai; (5) motivasi berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai; (6) kepemimpinan tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai melalui motivasi pegawai; (7) kompetensi berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai melalui motivasi pegawai. Oleh karena itu, mengefektifkan kegiatan untuk mensukseskan kontribusi kepemimpinan dan kompetensi terhadap kinerja pegawai melalui motivasi sebagai variabel intervening juga meningkatkan kinerja pegawai.




Article Details

Section
Articles

References

Anwar Prabu Mangkunegara. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Ardana, Komang. Ni Wayan Mujiati dan I Wayan mudiartha Utama, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi I. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Busro, M., 2018. Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia Group.
Covey, Stephen. R, “The 8th Habit”, Jakarta : PT. Gramedia, 2005.
Dwiyanto, Agus, 2008, “Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik”, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Edy, Sutrisno, 2016, Manajemen Sumber Daya Manusia, Kencana Prenada, Jakarta.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Hasibuan, Malayu S. P. 2019. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta, Bumi Aksara.

Ivancevich, J., Konopaske, R., dan Matteson, M. 2006, Perilaku dan Manajemen Organisasi. Jakarta, (G. Gania, Penerj., 7th ed.) Penerbit Erlangga.
Nawawi, 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia: Untuk Bisnis Yang Kompetitif, Gajahmada University Press, Yogyakarta
Robbins dan Judge, 2008, Perilaku Organisasi, Edisi 12, Salemba Empat, Jakarta.
Rozarie, R. De. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Surabaya: CV. Rozarie.
Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Sedarmayanti. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Cetakan Kelima, PT Refika Aditama, Bandung.
Siagian, Sondang P. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Akarsa.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.
Timpe, 2004. Dasar-Dasar Pemasaran dan Sumber Daya Manusia. Jakarta.
Untari dan Wahyuati. 2014. Pengaruh Kompetensi dan Lingkungan Kerja Terhadap Karyawan.
Veithzal Rivai. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Edisi ke 6, PT. Raja Grafindo Persada, Depok, 16956.
Wibowo, 2017, Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.