PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN DI RESTORAN PADANG KOTA PEKANBARU

Main Article Content

Rafidianto Wibisono
Zulkarnain Zulkarnain
Tri Sukirno Putro

Abstract

Rumah makan padang di kota Pekanbaru mampu bertahan bahkan terus berkembang saat menghadapi wabah covid dan persaingan bisnis. Kemampuan rumah makan Padang merupakan keterampilan manajemen dalam berinovasi dan menerapkan bauran pemasaran yang berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Jawaban dari 174 responden dalam memilih opsi pada kuesioner yang diberikan menunjukkan bahwa tujuh elemen bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik dan proses berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan di Padang. restoran di kota Pekanbaru.Rumah makan padang di kota Pekanbaru mampu bertahan bahkan terus berkembang saat menghadapi wabah covid dan persaingan bisnis. Kemampuan rumah makan Padang merupakan keterampilan manajemen dalam berinovasi dan menerapkan bauran pemasaran yang berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Jawaban dari 174 responden dalam memilih opsi pada kuesioner yang diberikan menunjukkan bahwa tujuh elemen bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik dan proses berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan di Padang. restoran di kota Pekanbaru.


 

Article Details

Section
Articles

References

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghozali. I dan Latan. H. 2016. Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris: Badan Penerbit Undip: Semarang.
Harrington, R. J., Ottenbacher, M. C., & Fauser, S. (2017). QSR brand value: Bauran pemasaran dimensions among McDonald’s, KFC, Burger King, Subway and Starbucks. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 29(1), 551–570. https://doi.org/10.1108/IJCHM-06-2015-0300
Kotler, P. & Keller, K.L 2012 Marketing Management. Cet. 14. New York: Pearson Education. Inc.
Murniati, M. P, dkk. 2013. Alat-alat Pengujian Hipotesis. Semarang: Penerbitan Unika Soegijapranata.
Santoso. N. M dan Edwin Japarianto. 2013. Analisis Pengaruh Bauran pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Eat & Eat Food Market dalam Industri Pujasera di Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, Vol 1, No. 2.
Sugiyono, 2019, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung : Alphabeta
Susilowati, T. Y. 2020. Pengaruh Bauran pemasaran Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Rumah Makan Mbah Jingkrak di Jakarta. Jurnal Ilmiah WIDYA Non-Eksakta, Vol 1, No. 2.
Wandy. J dan Diah Dharmayanti. 2014. Analisa Pengaruh Bauran pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen akan Produk Mie Lopo Timor melalui Motivasi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol. 2, No.1.
Wulan, W.S, dkk. 2016. Pengaruh Bauran pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Restoran Kayu Manis Tuban). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 38, No. 2.