RAGAM PRODUK KULINER DI WISATA PANTAI PURUS: KAJIAN ANALISIS KUALITAS

Main Article Content

Rima Maharani Pratitasari
Lise Asnur

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengeksplorasi beragam produk kuliner yang ditawarkan di destinasi wisata Pantai Purus, Kota Padang dengan melakukan analisis mendalam terkait kualitas produk dan preferensi konsumen. Metode penelitian mencakup survei konsumen, wawancara dengan pelaku usaha kuliner lokal, dan observasi langsung terhadap produk kuliner yang tersedia. Temuan ini didukung oleh banyaknya penyedia kuliner yang menawarkan hidangan khas, seperti langkitang, pensi, karupuak kuah, soto ceker, pisang kapik, bakso bakar, dan minuman seperti es kelapa muda dengan variasi yang beragam, yang disajikan kepada wisatawan. Analisis kualitas produk mencakup aspek-aspek seperti bahan baku, proses pengolahan, presentasi, dan cita rasa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan berharga bagi pelaku usaha kuliner, pemerintah setempat, dan pihak terkait guna meningkatkan kualitas produk kuliner serta mendukung pengembangan pariwisata di Pantai Purus. Selain itu, penelitian ini dapat menjadi acuan untuk strategi pemasaran yang lebih efektif dan peningkatan berkelanjutan dalam pelayanan kuliner di destinasi wisata pantai tersebut.


 


Kata kunci: Produk kuliner, Destinasi Wisata, Analisis Kualitas, Strategi Pemasaran.

Article Details

Section
Articles

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Besra, E. (2012). Potensi wisata kuliner dalam mendukung pariwisata di kota Padang. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 12(1).
Isnaini, A. (2014). Studi Potensi Ekonomi Sektor Pariwisata terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Tulungagung (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Kuspriyono, T. (2016). “Pengaruh Ekuitas Merek, Kualitas Produk, Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung (studi pada mahasiswa/i Universitas Gunadarma‟. Jurnal Komunikasi, Vol 7, hlm 1-7.
Michael, A. A., & Adinugraha, A. T. (2014). Analisi pengaruh kualitas makanan dan persepsi harga terhadap kepuasan konsumen D'cost Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan.
Wijaya, I. P. S. A., & Nurcaya, I. N. (2017). Kepuasan Pelanggan Memediasi Kualitas Produk Dan Kewajaran Harga Terhadap Loyalitas Merek Mcdonalds Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(3), 1534-1563.
Wongso, W. (2015). Kuliner Sebagai Identitas Budaya. Indonesia: Info Budaya.