PENGARUH CITRA MEREK KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RICHEESE FACTORY DI KOTA PEKANBARU

Main Article Content

Pebriyanti Amalia Lestari
Rahayu Setianingsih
Fitri Ayu Nofirda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap Keputusan pembelian pada Richeese Factory di kota Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi adanya masalah pada citra merek Richeese Factory di kota Pekanbaru yang masih kurang dikenal, juga masih kurang responsive dalam pelayanan, dan promosi yang hanya terfokus pada potongan harga. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan metode sampling yaitu metode purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 190 responden yang merupakan konsumen Richeese Factory di kota Pekanbaru. Teknik pengumpulan data mengunakan kuesioner dan data diolah dengan mengunakan SPSS 25. Analisis data mengunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan variabel citra merek berpengaruh positif dan singnifikan terhadap Keputusan pembelian, variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan singnifikan terhadap Keputusan pembelian, variabel promosi berpengaruh positif dan singnifikan terhadap Keputusan pembelian.      


 


 Kata kunci: Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Promosi, Keputusan Pembelian


 

Article Details

Section
Articles

References

Abdilla, M., & Husni, E. (2018). (2018). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Barbershop ‘X’ Kota Padang. Menara Ekonomi, 4(1).
Adabi, N. (2020). Pengaruh citra merek, kualitas pelayanan dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian indihome di witel telkom depok. Manajemen, 12 No.1(1), 32–39.
Alimansyah, N., Krisnawati, D., & Utomo, F. C. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Rocket Chicken Cabang Kabupaten Kendal). Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 10(1). www.topbrand-award.com
Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 9(2), 663–674.
Dea, ikhtisari sabrina. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Richeese factory Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen.
Deisy, Malonda, J. L. dan Y. M. (2018). Analisis Citra Merek, Harga Produk dan Kualitas terhadap Keputusan Pembelian handphone Samsung pada seluruh gerai - gerai seluler di IT Manado. Jurnal EMBA, 06(4), 2288–2297.
Eva, Desembrianita, R. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Harga Terhadap Keputusan Pelanggan Untuk Menggunakan Jasa Hotel Oval Surabaya. Journal of Research In Economics And Management, 16(2).
Fransiska, I. (2022). Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Shopee Di Bandung Indah. Jurnal Sekretaris Dan Administrasi Bisnis, 6(1), 35–44.
Herdiyanti. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa Di Kota Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 1058–1068.
Lubis, R. K. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Paket Tour di PT. Dior Travel Lubuk Pakam. Jurnal Mantik Penusa, 1, 59–64.
Pietersz, N., & Hastoko, Y. P. (2022). Pengaruh citra merek , promosi , dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Miniso Trans Studio Mall Cibubur. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 331–344.
Purnomo, R. I., Akhmad, I., & Setianingsih, R. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Sinar Kejora Rohul. In Prosiding Seminar Nasional Ekonomi, Bisnis & Akuntansi (Vol. 3, pp. 1027-1034).
Romdhoni, A. H., & Cahyani, D. I. (2019). engaruh Harga, Lokasi, dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Perumahan di PT. Gemilang Jaya Abadi. Jurnal Education and Economics (JEE), 02(04), 1–16
Septiawati, E. (2017). nalisis Pengaruh Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Batik Keris Nonongan Surakarta. Jurnal Online Unwidha Klaten, Vol 29 No.
Soelistio, Y. (2016). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Pembelian Ulang Jasa Paket Pos Indonesia. Diponegoro Journal of Management, 19, 27.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sutriyani. (2019). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt . Kumala Celebes Motor ( Mazda Makassar ). In Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar.
Yuliati, N. (2019). Hubungan Konsumsi Makanan Cepat Saji dengan Ketersediaan Asupan Makanan di rumah dan Status Berat Badan Remaja di SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto