KINERJA RISET DAN PUBLIKASI : DOSEN FEB UNIVERSITAS LANCANG KUNING

Main Article Content

Jeni Wardi
Liviawati Liviawati
Gusmarila Eka Putri

Abstract

Publikasi ilmiah terutama yang berasal dari karya ilmiah secara umum dan dari penelitian ilmiah secara khusus bagi dosen merupakan sebuah kewajiban yang harus dipenuhi sebagai pemegang jabatan fungsional atau akademiknya dan sesuai dengan salah satu tugas Tridharma perguruan tingginya. Publikasi yang dimaksud terutama dalam sistem jurnal atau terbitan berkala elektronik yang bereputasi, baik secara nasional dan terlebih reputasi internasional serta kemudian dapat ditelusuri dalam profil Google Scholar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis dengan pengumpulan data dilakukan melalui pelacakan digital dan dokumentasi, selama hampir satu semester. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar dosen fakultas ekonomi dan bisnis telah membuat akun Google Scholar dan memiliki profilnya serta telah mempublikasikan karya ilmianya. Dari profil Google Scholar dosen tersebut dapat diketahui untuk kemudian dianalisis jumlah kutipan atau sitasi (citations), i10-indeks (i-10 index), h- indeks (h-index), dan jumlah dokumennya (documents). Dari penelitian disimpulkan bahwa Program Studi Akuntansi merupakan program studi di fakultas ekonomi dan bisnis yang paling produktif, baik dalam produktifitas kecendekiawanan dosen maupun dalam pengelolaan jurnalnya.


Kata Kunci: Publikasi Ilmiah, Google Scholar, Profil Dosen.

Article Details

Section
Articles

References

Hemmings, B., & Kay, R. (2014). Lecturer self efficacy, research skills, and publication output.Sydney: Charles Sturt University

Hutchinson, S. R., & Lovell, C. D. (2004). A Review of methodological characteristics of research published in key journals in higher education: implications for graduate research training. Research in Higher Education, 45(4), 383–403.

Sukirno. (2017). Modeling academic professional performance in higher education. International Journal of Environmental and Science Education - IJESE, 12(8)

Mei Nur Ika Rebiati. 2014, Kinerja Dosen Dan Upaya Meningkatkan Partisipasi Dosen Di Bidang Penelitian Dan Publikasi (Studi Kasus Pada Program Studi Strata Satu Manajemen, Akuntansi, Dan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana), Skripsi 2014

Trie Hartiti Retnowati , Djemari Mardapi, Badrun Kartowagiran 2018, Kinerja Dosen Di Bidang Penelitian Dan Publikasi Ilmiah, Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Volume 6, No 2, September 2018 (215-225)

https://scholar.google.co.id/citations

Jeni Wardi, Gusmarila Eka Putri, Liviawati 2022, Hambatan Dan Tantangan Jabatan Fungsional Dosen (Studi Kasus di Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning), Jurnal Daya Saing (Vol. 8 No. 3 Oktober 2022)

Maftuh, Bunyamin. 2016. Kebijakan Peningkatan Jabatan Akademik Dosen. Disampaikan pada Seminar di FEB Universitas Negeri Jakarta.

Permendikbud RI Nomor 92 Tahun 2014 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Dosen dan Angka Kreditnya

Permenpan RB Nomor 17 Tahun 2013 Tentang Jabatan Fungsional Dosen dan Angka Kreditnya

Permenristekdikti No 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

PP No 9 Tahun 2014 Tentang Petunjuk teknis Pelaksanaan Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Dosen

Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi