DETERMINAN PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z

Main Article Content

rizky anggi pratama rizky

Abstract

Telah dilakukan penelitian pada remaja siswa SMA/SMK di Kecamatan Genteng untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumsi Generasi Z (X1), untuk mengetahui pengaruh teman sebaya terhadap perilaku konsumtif (X2) dan untuk mengetahui pengaruhnya. pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua (X3) terhadap perilaku konsumtif. (Y) bagi siswa SMA/SMK di Kecamatan Genteng.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 378 responden dan mengkonversi hasilnya ke dalam skala likert (1-5) sehingga dapat dianalisis hubungan antar variabel. Dengan menggunakan Uji Normalitas Kolgorov Smirnov dan regresi linier berganda diperoleh hasil bahwa variabel literasi keuangan dan rekan kerja signifikan terhadap perilaku konsumen. Hasil tes ini memerlukan pembelajaran terkait literasi keuangan pada siswa.
Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa variabel sosial ekonomi tidak signifikan terhadap perilaku konsumen. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa perbedaan ekonomi antar siswa mempunyai pengaruh terhadap perilaku konsumtif siswa.

Article Details

Section
Articles