FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KARYAWAN PADA PT BANK BRI PEKANBARU

Main Article Content

Faizah Kamilah
Zulia Khairani
Efrita Soviyanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Bank BRI Pekanbaru. Adapun metode yang digunakan  dalampenelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Dan sampel yang di gunakan dalam penelitian ini sebanyak 35 karyawan. Data diperoleh melalui metode kuesioner dengan skala likert. Pendefinisian sampel menggunakan metode Solvin, sedangkan analisisnya menggunakan metode analisis linier berganda. Variabel-variabel bebas dalam penelitian ini adalah kepemimpinan, motivasi kerja dan disiplin kerja sedangkan variabel terikatnya adalah kinerja karyawan. Data yang diperoleh dengan bantuan software SPSS 17. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa kepemimpinan, motivasi kerja dan disiplin kerja berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap kinerja karyawan.


 


Kata kunci: Kepemimpinan ,motivasi kerja, disiplin kerja dan kinerja karyawan

Article Details

Section
Articles

References

Brahmasari, Ida Ayu dan Agus Suprayetno. (2008) “Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan, dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan (Studi Kasus PT Pei Hai Internasional Wiratama Indonesia)”. Jurnal Pasca Sarjana Manajemen dan Kewirausahaan. 10 (2), 12-135 Universitas 17 Agustus. Surabaya.
Dharmawan, Yusa. (2011) “Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja Non Fisik Terhadap Disiplin dan Kinerja Karyawan Hotel Nikki Denpasar”. Tesis. Universitas Udayana Denpasar. Bali.
Ghozali, Imam. (2009) Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Keempat. Semarang: Universitas Diponegoro.
Guritno, Bambang dan Waridin. (2005) “Pengaruh Persepsi Karyawan Mengenai Perilaku Kepemimpinan, Kepuasan Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja”. JRBI.1 (1), 63-74.
Handoko, T. Hani. (2008) Manjemen Personalia dan SumbeR Daya Manusia.Yogyakarta: BPFE.
Hasibuan, Malayu, S.P. (2003) Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: PT Toko Gunung Agung.
. (2007) Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan 9. Jakarta: PT Bumi Aksara.
. (2012) Manajemen Sumber Daya Manusia. Catakan 6. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mangkunegara, A.A Anwar Prabu. (2009) Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mathis, Robert dan Jackson John. (2002) Human Resources Management, Alih Bahasa Jimmy Sadeli, Edisi kedua. Jakarta: Salemba Empat.
Priyatno, Duwi. (2009) SPSS untuk Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariate. Yogyakarta: Gaya Media.
Rivai, Veithzal. (2004) Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sehfudin, Arif. (2011) ”Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komunikasi Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Bank Tabungan Pensiun Nasional Cabang Semarang”. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.
Siagian. Sondang P. (2008) Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara
Sutrisno, Edi. (2013) Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Thoha, Miftah. (2003) Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada