Peran Modal Manusia Terhadap Nilai Produksi Industri Kecil

Main Article Content

Fatkhurahman Fatkhurahman

Abstract

Nilai produksi menjadi sebuah harapan yang perkembangannya menjadi juga sebuah kegembiraan para pengelola sebuah usaha. Pada dasarnya maju dan mundurnya sebuah usaha juga dapat dilihat dari nilai usaha yang dihasilkan oleh pengelola usaha tersebut. Terdapat kaitan erat antara nilai produksi dengan modal manusia pengelola usaha yang ada. Penelitian ini membuktikan dengan adanya modal manusia  baik tangible maupun intangible memberikan peran yang positif terhadap nilai produksi yang dihasilkan industri kecil. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian studi kasus yang ditujukan kepada pengelola usaha kecil produk olahan keripik nenas di kecamatan Tambang Kabupataen Kampar Riau, kemudian juga para pelanggan data dikumpulkan melalui wawancara. Dengan teknik kualitatif menunjukkan bahwa terdapat beberapa peran modal manusia dalam meningkatkan nilai produksi industri kecil. Peran tersebut diantaranya: 1) memikirkan keunikan produk olahan nenas yang dibutuhkan pasar, 2) peran dalam membuat tampilan produk menarik pembeli, 3) peran dalam memperhitungkan harga jual, 4) peran dalam mengelola usaha agar berkesinambungan.




Article Details

Section
Articles

References

Abdullah, H. (2014). Realokasi Kebijakan Fiskal: Implikasi Peningkatan Human Capital dan Pembangunan Infrastruktur terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Bina Praja: Journal of Home Affairs Governance, 6(2), 117-128.

Amruloh, D. A. G. (2012). Karakteristik Usaha dan Jiwa Wirausaha Terhadap Kinerja Usaha pada Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Keramik Plered Purwakarta. Eqien: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(2), 41-56.

Akrom, M. C. (2013). Pengaruh kemasan, harga dan promosi terhadap proses keputusan pembelian konsumen kripik paru UMKM Sukorejo Kendal (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Cenadi, C. S. (2004). Peranan desain kemasan dalam dunia pemasaran. Nirmana, 2(2).

Damanik, D. (2013). Pengembangan Sumber Daya Manusia Usaha Kecil dan Menengah.

Fitri, M., Yurisinthae, E., & Dolorosa, E. (2014). Strategi Pengembangan Agribisnis Nenas di Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat. Jurnal Social Economic of Agriculture, 3(2).

Hasyim, D. (2014). Kualitas Manajemen Keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm)(Studi Kasus Pada Distribution Store (Distro) Di Kota Medan). JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL, 5(2).

Iryadini, L., SUGIANTO, F., & Sugianto, F. X. (2011). Analisis faktor produksi industri kecil kerupuk Kabupaten Kendal(Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Kustiari, R. (2012). Analisis Nilai Tambah dan Imbalan Jasa Faktor Produksi Pengolahan Hasil Pertanian. In Prosiding Seminar Nasional “Petani dan Pembangunan Pertanian (pp. 75-85).

Liliani, A. (2012). Pengaruh Human Capital Dan Perilaku Inovatifterhadap Motivasi Berwirausaha (Doctoral dissertation, UNIMED).

Prasetyo, P. E. (2008). The Quality of Growth: Peran Teknologi dan Investasi Human Capital Sebagai Pemacu Pertumbuhan Ekonomi Berkualitas. JEJAK: Jurnal Ekonomi dan Kebijakan, 1(1).

Putra, R. E. (2012). Pengaruh Nilai Investasi, Nilai Upah, dan Nilai Produksi Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Mebel di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Economics Development Analysis Journal, 1(2).

Salehudin, I. (2010). Invest in Yourself: aplikasi konsep human capital dari sudut pandang karyawan. Manajemen Usahawan Indonesia, 39(6).

Subekti, M. A. (2007). Pengaruh Upah, Nilai Produksi, Nilai Investasi Terhadap Penyerapan tenaga Kerja Pada Industri Kecil genteng di Kabupaten Banjarnegara (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Simatupang, T. M. (2008). Perkembangan Industri Kreatif. School of Business and Management of the Bandung Institute of Technology.

Tedjasuksmana, B. (2014). Potret UMKM Indonesia menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN 2015.

Wajdi, M. F., & Isa, M. (2014). Membangun Konsep Modal Manusia Yang Berperanan Dalam Kinerja Pemasaran Industri Kecil.

Wijaya, A. (2012). Pengaruh Kapasitas Produksi dan Mutu SDM terhadap Omzet Usaha dan Profit Usaha pada Usaha Kecil di Kota Samarinda. In Forum Ekonomi: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi (Vol. 15, No. 2). Mulawarman University.