STRATEGI PENANGGULANGAN PRAKTEK RENTENIR

Main Article Content

Afvan Aquino
Idel Waldelmi
Wita Dwika Listihana

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam upaya untuk menganalisis dan mengidentifikasi factor eksternal dan internal pedagang dan strategi dalam penanggulangan praktek rentenir di pasar syariah ulul albab siak hulu Kampar. penelitian ini menggunakan metode kualitatif, Dilakukan dalam situasi yang wajar (natural setting) dengan Metode kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya penerapan Strategi agresif pada penanggulan praktek rentenir pada pedagang pasar syariah ulul albab dapat dilakukan dengan menggunakan strategi SO yakni dengan memanfaatkan kekuatan yang dimiliki yakni pasar syariah itu sendiri untuk menangkap peluang yang ada dan menggunakan Penerapan si  stem syariah dipasar syariah untuk mendukung agar penerapan praktek rentenir itu sendiri bisa di akhiri dan segera untuk membentuk/mendirikan lembaga keuangan syariah/ yakni BMT (Baitul mall wa tan will) /koperasi syariah.

Article Details

Section
Articles

References

Awaluddin, M. (2017). Pengaruh Kepribadian Entrepreneushipislam Dan Akses Informasi Terhadap Strategi Bisnis Dan Kinerja Bisnis Usaha Kecil Di Kota Makassar. Iqtisaduna, 3(1).

Cahyani, E. S. dan P. D. (2016). Strategi Mempersempit Ruang Gerak Rentenir Melalui Kelompok Masyarakat Berbasis Modal Sosial (Studi Kasus Di Kampung Rahayu, Purwokerto). ISLAMADINA, XVII(2), 57–70.

digilib.uinsby.ac.id. (n.d.). Strategi Bmt Dan Praktik Rentenir Dalam Perspektif Ekonomi Islam, 21–50.

FAHMI, H. dan R. (2018). Pembiayaan Permodalan Ideal Dalam Mengatasi Praktik Rentenir. Jebi (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(1).

Gunawan, R. D., Suryono, R. R., & Purwanto, I. (2010). Analisa Perubahan Manajemen Dalam Implementasi Si/ti Pada Perguruan Tinggi ABC. Jurnal Fakultas Hukum UII.

Hidayah, N. N. (2018). Infak sebagai Program Pengurangan Ketergantungan Masyarakat terhadap Rentenir (Studi Kasus pada BAZNAS Kabupaten Ngawi). Az Zarqa’, 10(1).

Hijriah, H. Y. (2016). Spiritualitas Islam dalam Kewirausahaan. TSAQAFAH, Jurnal Peradaban Islam, 12(4), 187–208.

https://www.kompasiana.com/nurdinmuhammad/55007e03813311255efa7a47/strategi-bisnis-nabi-muhammad-saw

https://www.iaei-pusat.org/memberpost/ekonomi-syariah/strategi-bisnis-syariah-berbasis-paradigmatik-quranik-dan-sirah-nubuwwah?language=id

https://tafsirq.com/topik/An+nisa+ayat+29

Mujaddidi, A. S. (2017). Peran Strategis Bayt Al-Mal Wa Al-Tamwil Dalam Mengatasi Praktek Rentenir : Studi Bmt Nu Jawa Timur.

Oleh:, S., & Khairi, M. (2018). Dampak Pinjaman Rentenir Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Tradsional Di Pasar Pagi Pulo Brayan Bengkel. Skripsi.

sabirin dan dini ayuning. (2017). Islamic Micro Finance Melati: Upaya Penguatan Permodalan bagi Pedagang Pasar Tradisional. Economica: Jurnal Ekonomi Islam, 8, 27–53.
SIBORO, I. K. (2015). Rentenir (Analisis Terhadap Fungsi Pinjaman Berbunga Dalam Masyarakat Rokan Hilir Kecamatan Bagan Sinembah Desa Bagan Batu ) Ilas Korwadi Siboro. Jom Fisip V, 2.

Surahma Asti Mulasari, Ana Nur Fatihah, A. S. (2018). Upaya Penanggulangan Rentenir Oleh Kuliah Kerja Nyata Universitas Ahmad Dahlan Di Nglegi, Patuk, Gunungkidul. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 479–486.

Syafrini, D. (2014). NELAYAN VS RENTENIR Studi Ketergantungan Nelayan terhadap Rentenir pada Masyarakat Pesisir. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 1(2), 54–67.

Tunerah. (2015). Pengaruh Jasa Kredit Rentenir Terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat ( Studi Kasus Desa Karanganyar Kec. Kandanghaur Kab. Indramayu ). Skripsi.