PENGARUH FAKTOR KEPRIBADIAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (STUDI KASUS KELOMPOK PEMUDA TANI DESA MAKMUR OKURA RUMBAI PESISIR)

Main Article Content

Rita Wiyati
Sri Maryanti
Muhammad Thamrin

Abstract

Menjadi seorang pengusaha, bekerja sendiri,mengatur, mengelola,dan bertanggung jawab untuk bisnis, menawarkan tantangan pribadi yang besar karena individu bekerja dengan orang lain, lebih suka menjadi karyawan, dan bekerja untuk orang lain. Diera milineal saat ini sudah saatnya pemuda memiliki pemikiran yang kreatif dan inovatif, dengan latarbelakang tersebut maka perlu diadakannya penelitian pengaruh faktor kepribadian dan faktor lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha dikelompok pemuda tani desa Makmur Okura Kecamatan Rumbai Pesisir. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Faktor kepribadian dan Faktor Keluarga terhadap minat berwirausaha, baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota kelompok pemuda tani Desa Makmur Okura kecamatan Rumbai Pesisir .Adapun tehnik pengumpulan data dengan angket, dokumentasi, wawancara. Metode analisis yang digunakan dengan regresi linier berganda.


Berdasarkan hasil penelitian sebagian besar anggota kelompok tani pelajar SMA dan SMK.hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kepribadian, faktor keluaraga secara bersama sama (simultan) mempunyai pengaruh terhadap minat berwirausaha , Sedangkan secara parsial tidak ada pengaruh faktor kepribadian terhadap Minat berwirausaha begitu juga untuk faktor keluarga tidak berpengaruh terhadap minat berwirausaha, terdapat korelasi antara faktor kepribadian, faktor keluarga terhadap minat berwirausaha yaitu sebesar 51,0 %.  R square sebesar 0,260 yang artinya bahwa variabel independen (kepribadian dan  keluarga) memberikan pengaruh sebesar 26 % terhadap  minat berwirausaha, dan sisanya 74 % dipengaruhi oleh faktor lain.


 

Article Details

Section
Articles

References

Alma, Buchari, 2006, Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum, Alfabeta Bandung
Aima, Havidz., dkk 2015, Entrepreneurship & Peluang Usaha, In Media
Bhandari , Narendra C. 2006. Intention For Entrepreneurship Among Student In India Journal Entrepreneurship 15(2), pp: 169-171
Christianingsrum dkk, pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap Minat berwirausaha, IJBE vol 1, No.1, 2017
D. Made Dharmawati, Kewirausahaan, Rajawali press, agustus 2016
Daryanto, Cahyono, Aris Dwi, 2013, Kewirausahaan
Fahmi , Irham, 2014, Kewirausahaan Teori, Kasus dan Solusi, Alfabeta: Bandung
Kasmir, 2014, Kewirausahaan, PT. Rajagrafindo Persada: Jakarta
Maryanti, Wiyati, Thamrin, Startegi Menumbuhkan jiwa Entrepreneur Mahasiswa Di Universitas Lancang Kuning, Vol 9 No.3
Nitisemito Mulyadi, 2009, Kewirausahaan & Manajemen usaha Kecil, Alfabeta, Bandung
Retno Endah dkk, Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di Jember, prosiding seminar nasional dan call for paper Ekonomi dan Bisnis, Jember 28 0ktober 2017
Sadeli, Model Penciptaan Usaha Mandiri, Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 8 No 2, 2011.