ANALISIS MANFAAT RASIO KEUANGAN BANK UNTUK MEMPREDIKSI PERUBAHAN LABA DIMASA AKAN DATANG PADA BANK PEMBANGUNAN DAERAH DI INDONESIA

Main Article Content

Irfan Tanjung

Abstract

Analisis rasio dapat membantu pemakai laporan keuangan dalam menilai kondisi keuangan perusahaan, membimbing investor dan kreditor dalam membuat keputusan, menilai kinerja manajemen, sebagai evaluasi hal-hal yang perlu dilakukan kedepan,  menilai risiko dan peluang di masa yang akan datang. Penelitian ini menganalisis secara empiris mengenai laporan keuangan yang didasarkan pada rasio keuangan bank apakah bermamfaat untuk memprediksi perubahan laba bank di masa akan datang. Ada 10 rasio keuangan bank yang diuji di dalam memprediksi perubahan laba yang merupakan variabel indenpenden yaitu CAR, ATTM, APB, PPAPAP, Gross NPL, ROA, ROE, NIM, BOPO, dan LDR. Sedangkan Prediksi Laba sebagai variabel dependen. Data dalam penelitian ini adalah data rasio 26 BPD diseluruh Indonesia yang berakhir pada tahun 2005 dan 2006. Metode statistik Discriminant Analysis digunakan untuk menganalisis manfaat rasio keuangan bank untuk memprediksi perubahan laba. Enter Independents Together Method digunakan untuk menguji hipotesis secara simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio keuangan bermanfaat sebagai prediktor laba di masa akan datang adalah rasio Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif terhadap Aktiva Produktif dengan nilai tingkat klasifikasi sebesar 88.5%. Sedangkan rasio keuangan yang lainnya dalam penelitian ini tidak bermanfaat sebagai prediktor laba dimasa akan datang

Article Details

Section
Articles

References

Jumingan, “Analisis Laporan Keuangan”. PT. Bumi Aksara, Jakarta, 2005.
Kasmir, “Manajemen Perbankan”. Rajawali Press, Jakarta, 2008.
Kasmir, “Analisis Laporan Keuangan”. Rajawali Press, Jakarta, 2008.
Kuncoro, M dan Suhardjono, “Manajemen Perbankan”, Teori dan Aplikas. BPEE, Yogyakarta, 2002.
Laporan Keuangan Tahunan Bank Pembangunan Daerah Tahun 2004-2006, www.Asbanda.Com, (Mei 2009).
Machfoed, M, “Financial Ratio Analysis and The Prediction of Earning Changes in Indonesia”, 1994.
Peraturan Bank Indonesia Nomor 6/10/PBI/2004 tentang Sistem Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum, www.bi.go.id, (12 April 2004).
Santoso, S, “Panduan Lengkap menguasai SPSS 16”. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2008
Santoso, S, “Statistik Multivariat”. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2010
Sori, Z.M dan Jalil, H.A, “Financial Ratios, Discriminant Analysis and the Prediction of Corporate Distress”. Jurnal of Money, Investment and Banking, Http://www.Eurojournals.com/JMIB.htm, (9 Mei 2009).
Sitorus, M, “Perananan Rasio Keuangan Sebagai Salah Satu Alat Dalam Memprediksi Perubahan Laba Pada Bisnis dan Jasa Manufaktur”. 2005.
Warsidi dan Pramuka, B.A, ”Evaluasi Kegunaan Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Perubahan Laba di Masa Yang Akan Datang: Suatu Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta”. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 2000.