EVALUASI PENGEMBANGAN UMKM KABUPATEN ROKAN HULU MENGGUNAKAN BUSINES MODEL CANVAS

Main Article Content

Purwantoro Purwantoro

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di setiap negara bagian khususnya di kawasan ASEAN dihadapkan pada situasi persaingan global. Persaingan yang sangat ketat memaksa para pebisnis untuk menjadi yang terbaik. Salah satu cara yang dapat dicapai oleh perdagangan untuk dapat menjadi strategi bisnis terbaik adalah tepat, efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model bisnis kanvas dalam menciptakan strategi bisnis alternatif untuk pengembangan UMKM. Tujuan kedua adalah untuk mengetahui alternatif strategis yang tepat untuk pengembangan UMKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan informan sebagai responden penelitian. Sumber data yang digunakan adalah pemilik usaha sebanyak 16 UMKM yang membuka usaha di pusat kota Pasir Pengaraian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara langsung, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan kanvas model bisnis templat untuk memetakan strategi untuk upaya dan dikombinasikan dengan analisis SWOT. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian, bahwa uraian pendekatan model bisnis UMKM dengan menggunakan Business Model Canvas outline dapat dijadikan rekomendasi untuk strategi bisnis, model bisnis yang saat ini sedang berjalan mampu memenuhi Sembilan elemen dari blok pada kanvas model bisnis template. Temuan dari penelitian ini adalah tidak semua strategi bisnis UMKM dan baru saja menjalankan bisnis tanpa visi pengembangan usaha. Berdasarkan hasil analisis SWOT dapat ditemukan bahwa alternatif upaya baru dengan mengoptimalkan kekuatan internal dalam aliran pendapatan pada setiap UMKM dan melakukan pemilihan untuk segmen pelanggan yang tepat. Saran yang mungkin peneliti tunjukkan setiap UMKM harus lebih berani untuk memiliki visi untuk tumbuh dan terus berinovasi terhadap produk barang atau jasa, meningkatkan segmentasi pelanggan dan memanfaatkan pendekatan kanvas model bisnis dalam membuat strategi bisnis.

Article Details

Section
Articles

References

Boedianto, Laurentia Priska dan Harjati, Dhyah. 2015. Strategi Pengembangan Bisnis Pada Depot Selaris Dengan Pendekatan Business Model Canvas. Jurnal Universitas Petra. Surabaya.
Boone, Louis E. Kurtz, David L. 2008. Pengantar Bisnis Kontemporer, buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Bradford, Robert W., Duncan, Peter J., Tarcy, Brian, Simplified Strategic Planning: A No- Nonsense Guide for Busy People Who Want Results Fast, [Online] Available: http://www.QuickMBA.com/Strategy/SWOTAnalysis [2016 mei 2016]
Dewobroto, Wisnu Sakti. 2013. Penggunaan Bussines Model Canvas sebagai Dasar Untuk Menciptakan Alternatif Strategi Bisnis dan Kelayakan Usaha. Jurnal Universitas Trisakti. Jakarta.
Dhewanto dkk. 2015. Manajemen Inovasi Untuk Usaha Kecil dan Mikro. Alfabeta. Bandung.
Moleong, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Osterwalder, Alexander dan Yves Pigneur. 2012. Business Model Gneration. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.
Pearce dan Robinson, 2007, Manajemen Strategi, Salemba Empat, Jakarta
Putri, F.F.T. (2015). Analisis Inovasi Model Bisnis Menggunakan Pendekatan Busines Model Canvas. Jurnal Universitas Telkom. Bandung.
Stefan, Slavik dan Richard Bednar. 2014. Analysis of Business Model. Journal of Competitiveness. University of Economics in Bratislava.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.
Thompson, (2008), Crafting & Executing Strategy; The Quest for Competitive advantage, sixteenth edition, McGraw-Hill International Edition.
Tjitradi, Elizabeth Cindy. 2015. Evaluasi dan Perancangan Model Bisnis berdasarkan Bussines Model Bisnis. Jurnal Universitas Petra. Surabaya
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah