FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI WANITA UNTUK BERWIRAUSAHA DI PEKANBARU

Main Article Content

Nurul Sukriani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi wanita untuk menjadi wirausaha di Pekanbaru dengan keterbatasan masalah hanya terfokus pada pengusaha rumahan kuliner, menggunakan variabel independensi, modal, emosi, dan pendidikan untuk menganalisis pengaruhnya terhadap motivasi wirausaha. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengusaha wanita yang terlibat dalam bisnis kuliner rumahan di Kota Pekanbaru yang jumlahnya tidak diketahui dengan pasti, untuk populasi yang jumlahnya tidak diketahui, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Wibisono dan memperoleh total sampel 97 orang. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner, yaitu dengan memberikan daftar pertanyaan langsung kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang dioperasikan melalui program SPSS 16 untuk Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel simultan independensi, modal, emosi dan pendidikan berpengaruh signifikan terhadap motivasi wanita untuk menjadi wirausaha di Pekanbaru. Sedangkan secara parsial untuk variabel independensi dan emosional tidak secara langsung mempengaruhi motivasi wanita untuk berwirausaha di Pekanbaru.

Article Details

Section
Articles

References

Anoraga, Pandji. 2004. Kewirausahaan dan Usaha Kecil. Jakarta : Penerbit Rineke Cipta.

Atkinson, R. L. 2011. Pengantar Psikologi ed. Diterjamahkan : Puspita. Jakarta: Interaksara.


Badan Pusat Statistik (BPS). http//www.bps.go.id

Basrowi. (2014). Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia

Alma, B. 2011. Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum.Bandung; Alfabeta.

_____________(2013). Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta

Kasmir. 2009. Kewirausahaan. Jakarta : Penerbit PT Raja Grafindo.

Rizal, Muhammad dan Dias Setianingsih. 2016. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Wanita Berwirausaha (Studi Kasus di Kota Langsa). Jurnal Manajemen dan Keuangan, Vol.5, No.2

Sedarmayanti, 2009, Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, CV Mandar Maju Bandung.

_________(2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Segarahati, Enny dan Rina Walmiaty. 2015. Analisis Faktor- Faktor Yang Memotivasi Wanita Berwirausaha (Studi Kasus Pada Pengusaha Salon Kecantikan Di Kecamatan Medan Kota). ASEAN Comparative Education Research Network Conference 2015

Suryana. 2013. Kewirausahaan Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: SALEMBA EMPAT.

Umar, Dr. Husein S.E., MBA., MM. 2008. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi Kedua. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Rahman, F. (2017). Peran Modal Manusia Dan Modal Investasi Terhadap Nilai Produksi Industri Kecil Di Kota Pekanbaru. Jurnal Benefita: Ekonomi Pembangunan, Manajemen Bisnis dan Akuntansi, 2(1), 1-9.

Novita, N. (2016). Analisis Kreatifitas Kelompok Masyarakat Menghadapi Kondisi Ekonomi Rumah Tangga. Jurnal Daya Saing, 2(2), 150-159.

Hadiyati, H., Suroto, B., & Fatkhurahman, F. (2018). Pengaruh Faktor Diri Sendiri, Faktor Keluarga, Faktor Masyarakat Dan Metode Belajar Terhadap Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Daya Saing, 4(3), 305-311.

WWW.iNews.id. 2018. Pengusaha Perempuan Lebih Banyak Bekerja di Sektor Informal

WWW.Merdeka.com. 2018. Survei: 62,4 persen wanita di Indonesia memulai bisnis karena kebutuhan

Wijaya dan Tessa, 2016, Studi Eksploratif Motivasi Berwirausaha Skala Mikro Sektor Jasa Makanan di Surabaya, KINERJA, Volume 20, No.2

Zimmerer, Thomas dan Norman M. Scarborough. 2008. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.