PERSEPSI KONSUMEN PADA BAURAN PEMASARAN PASAR WISATA DI KOTA PEKANBARU

Main Article Content

Zulia Khairani
Faizah Kamilah
Efrita Soviyanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi persepsi konsumen pada bauran pemasaran di pasar wisata kota Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung yang berbelanja di pasar wisata. Jumlah sampel sebanyak 100 orang. Metode pengambilan data dengan menggunakan kuesioner. Uji kualitas data menggunakan uji validitas(pearson corelation) dan uji reliabilitas (cronbanch alpha). Pengolahan data menggunakan analisis kuantitatif melalui analisis deskriptif. Analisis kualitatif dilakukan dengan  interpretasi dari data-data yang diperoleh dalam  penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan penjelasan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa  tanggapan responden terhadap bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, lokasi, promosi, pelaksana, proses, dan bukti fisik umumnya berada pada skor cukup baik. Untuk beberapa indikator yang memiliki skor rendah yaitu,  produk yang dijual belum memiliki ciri khas yang berbeda dari produk yang jual di tempat lain, harga produk yang sama lebih mahal dibanding yang dijual di tempat lain,  iklan tentang pasar wisata jarang terlihat di berbagai media.

Article Details

Section
Articles

References

Anjani, H. D., Irham, I., & Waluyati, L. R. Relationship of 7P Marketing Mix and Consumers' Loyalty in Traditional Markets. Agro Ekonomi, 29(2), 261273.
Agustinawati, A., & Puspasari, C. (2019). Analisis Bauran Pemasaran Destinasi Pariwisata Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner & Strategis, 7(2).
Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Principles of marketing. Pearson education.
Lita, R. P. (2010). Pengaruh Implementasi Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Proses Keputusan Wisatawan Mengunjungi Objek Wisata Di Kota Padang. Jurnal Manajemen Pemasaran Modern, 91-99.
RAHAYU, W. (2012). Penerapan Bauran Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Pengunjung Pada Agro Wisata Sondokoro.

Putra, I. K. A. S., Suwena, I. K., & Negara, I. M. K. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan wisatawan Nusantara berwisata belanja di Rama Krisna oleh-oleh khas Bali. Jurnal IPTA, 5(1), 35-39.

Sugiyono, 2014. Statistika Untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung

Wisata Riau. Juni, bulan berburu barang impor di Riau. Diakses tanggal 19 Juni 2017 melalui http://tribunnews.com

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Tumbel, A. L., & Van Rate, P. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Di Pasar Tradisional (Studi Pada Pasar Tradisional Di Kota Manado). Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, 2(2), 60-72.

Xia Wei, Zeng Yinchu.(2008). Consumer's Willingness to Pay for Organic Food in the Perspective of Meta-Analysis. International Conference on Applied Economics 2008, Greece

Zielke S, Dobbelstein T. 2007. Customers willingness to purchase new store brands. Journal of Product and Brand Management 16(2): 112-121.


Utami, Christina Whidya. 2008. Strategi Pemasaran Ritel. Jakarta: Indeks

Utami, Christina Whidya. 2010. Manajemen Ritel : Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Edisi ke 2. Jakarta: Salemba Empat

-----------. 2011. Pembelanja Indonesia Makin Impulsif. Diakses tanggal 17 Februari 2016 dari http://www.tempo.co