PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU SMK NURUL FALAH PEKANBARU

Main Article Content

Lili Erti
Murnawati Murnawati
Tasril Tasril

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru SMK Nurul Falah Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu data yang diperoleh lansung dari tanggapan para guru SMK Nurul Falah Pekanbaru dan data sekunder yaitu informasi yang diperoleh dari bahan-bahan laporan berbagai sumber yang ada kaitannya dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data dilakukan dengan  menggunakan metode kuisioner. Perhitungan data yang diperoleh dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMK Nurul Falah Pekanbaru pada tahun 2019 yaitu sebanyak 38 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable gaya kepemimpinan dan motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMK Nurul Falah Pekanbaru

Article Details

Section
Articles

References

Ardana, Komang, 2008, Perilaku Keorganisasian, Yogyakarta, Graha Ilmu.
Edison, Emron, Anwar, Yohny dan Komariyah, Imas. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia : Strategi dan Perubahan dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai dan Organisasi. Bandung : Alfabeta.

Fahmi, Irham. 2014, Manajemen Kepemimpinan Teori dan Aplikasi, Bandung, Alfa Beta.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BP Undip.

Gary, Dessler, 2015, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 14, Jakarta Selatan, Salemba Empat.Hasibuan, Melayu S.P. 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Jakarta, Bumi Aksara.

Guiterres, Luis Apricio, Wayan Gede Supartha, 2016, Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Vol 5 No 3 (2016), 429-454, ISSN: 2337-3067

Hasibuan, Malayu, 2016, Manajemen : Dasar, Pengertian dan Masalah, Jakarta, Bumi Aksara.

Hamali, Arif Yusuf, 2016, Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta, CAPS (Canter for Academic Publishing Service).

Kuncoro, Mudrajad. 2013. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi 4. Jakarta: Erlangga.

Lamatenggo, Nina dan Hamzah, 2012, Teori Kinerja dan Pengukurannya, Jakarta, PT. Bumi Aksara.

Mulyadi, 2015, Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), Bogor, IN MEDIA- Anggota IKAPI.

Moeheriono, 2012, Perencanaan, Aplikasi dan Pengembangan Indikator Kinerja Utama (IKU) Bisnis dan Publik, Jakarta, Rajawali Press.

Nurmansyah, 2010, Manajemen Sumber Daya Manusia, Pekanbaru, Unilak Press.

__________, 2017, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Ketiga, Pekanbaru, Unilak Press.

Santoso, Singgih. 2014. Menguasai Statistik Parametrik : Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Sunyoto, Danang, 2016. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Perusahaan, CAPS (Center of Academic Publishing Service), Yogyakarta.

Suwanto, 2016, Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis, Bandung, Alfabeta.