KEKUATAN DIGITAL DALAM MEMBENTUK PERILAKU BERWISATA DAN PLATFORM USAHA KEPARIWISATAAN

Main Article Content

Riyono Gede Trisoko

Abstract

Koneksitas yang terjadi pada masyarakat yang netizen telah menjadikan digital sebagai solusi bagi setiap masalah, karena saat ini dalam setiap transaksi cenderung terjadi secara virtual yang artinya segala sesuatu akan dideliverikan dan ditransformasikan dalam dunia metaverse kemudian hadir seolah-olah nyata.  Pergeseran ini telah mempengaruhi kepada tumbuhnya perilaku masyarakat umumnya dan khususnya pada generasi X dan milenial, yang tampak dari munculnya beberapa tempat yang viral, kemudian menjadi destinasi dan kecenderungan masayarakat untuk mengikutinya, inilah yang cenderung diikuti sebagai trend dimasyarakat, sebuah perilaku terhadap kecenderungan pada budaya popularitas.Peristiwa ini menimbulkan sebuah kegelisahan investasi dikarenakan adanya kesenjangan antara popularitas budaya produk kepariwisataan dengan cara penikmatan dan platform usaha kepariwisataan. Situasi yang demikian ini merupakan suatu peristiwa yang patut untuk diketahui lebih dalam dan dikelola dengan lebih baik agar perilaku yang ditimbulkan dari digitalisasi  mampu memberikan kesadaran dan manfaat tentang pergeseran cara penikmatan produk kepariwisataan  sehingga tergambar tentang pola pengembangan usaha kepariwisataan yang potensial nantinya. Perubahan perilaku ini menjadi penting dikarenakan  kecenderungan masyarakat  generasi x dan milenial nantinya akan menjadi


 

Article Details

Section
Articles

References

Michael T Gapizi dan Rick Ferguson, Loyalty Trends for the Twenty First Century, Journal of Consumer Marketing 22/2, Emerald Group Publishing Limited, 2005, p. 73 – 80.
Bashar S Gummah, Anthony G Kah, Sam G Okaorajo, Journal of Product Management, 20/1, Emerald Group Publishing, 2011, p. 48 – 57.
Maria Asunta Baldini, Giovani Liberatore, Brand Transaction Announcements and stock Price Volatility, Emeral of Journal Intellectual Capital, Emerald Group Publishing, 2011, p. 392 – 406.
Melidena Stephen Balatiskhnan, RamziNekhili, Cliford Lewis, Destiation Brand Componen, International Journal of Culture, Tourism and Hospitality, Emerald Group publishing, 2008, p. 4 – 25.
Art Weinstein, Suprior Customer value, St. Lucie. New York. USA. 1999.
B. Joseph Pine, Gilmore. The Experience Economy. Harvard Bisnis Review Press. Boston. Massachusetts. USA. 2011.
Chip Heat, Dan Heat. The Power of Moment, Transworld Publisher, USA, 2017.
Dan Ariel. Irrational Concumer, Buana Ilmu Populer, Jakarta, 2008.
Danang Sunyoto. Perilaku Konsumen, Buku Seru. Jakarta. 2002.
Derli Pahlevi. Paradigma Awal dari Kesuksesan, Gremedia. Jakarta. 2016.
Iman Setiasi. Psikologi Positif. Gramedia. 2014.
Ken Blancard. The Simple Truts of Service, Sourcebooks, Illionis. Usa. 2018.
Jonah berger. Contangius, Gramedia, jakarta, 2015
Mittal & Shent. Value Space. McGraw Hill. New York, 2001.
Phill Simon. The Age of The Platform. Gramedia. Jakarta. 2013.
Rheinald Kasali. The Great Shiffting. Gramedia. Jakarta. 2018..
Roseno. Revolution of Hope. Renebook. Jakarta. 2014.
Riyono Gede Trisoko, Biulding Tourism Institutions for Culture life that Support Tourism, Proceeding, CATEA, Sekolah Tingggi Pariwisata Trisakti, jakarta, 2019.
Steve Peters. The Chimp Paradox. Vermilion. London. UK. 2012.