STRATEGI KULIAH SISTEM DARING DI MASA PANDEMI PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA

Main Article Content

Novita Novita
Kartika Sari Lubis
Rina Sundari

Abstract

Kondisi wabah pandemi Covid 19 yang melanda tanah air sampai berdampak pada dunia pendidikan. Saat ini perkuliahan dengan menerapkan system daring menjadi salah satu cara yang dinilai paling memungkinkan untuk melaksanakan perkuliahan. Namun dalam pelaksanaannya masih banyak keluhan yang disampaikan mahasiswa dan bahkan para dosen dalam melaksanakanknya. Apalagi yang dialami PTS setingkat sekolah tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari model strategi yang tepat dalam menghadapi hal tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantiatif dengan alat analisa analisis SWOT yang dilakukan pada expert berkenaan dengan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dapat digunakan yakni memanfaatkan kekuatan yang dimiliki dalam menangkap peluang yang ada dengan memanfaatkan dukungan dukungan kuota untuk download dan membuka kontes video dari orang tua untuk mengisi waktu yang dimiliki mahasiswa untuk kuliah daring dimasa pandemic. Juga mahasiswa yang puas dapat meyakinkan orang tua dalam memberikan dukungan kuota untuk download dan membuka kontes video dari orang tua; serta generasi milinial siap mengikuti perkuliahan online didukung oleh orang tua yang memberikan fasilitas paket data untuk download dan video.

Article Details

Section
Articles

References

Abdi, M. N. (2020). Krisis Ekonomi Global dari Dampak Penyebaran Virus Corona (Covid-19). AkMen Jurnal Ilmiah, 17(1), 90-98.
Amir, M. T. (2018). Tren Kuliah Online. Koran Sindo, edisi Sabtu 10 Maret 2018.
Elenkov, D.S. 1997. Strategic uncertainty and environmental scanning: the case of institutional influences on scanning behaviour. Strategic Management Journal 18(4): 287-302
Harris, Michael.2000.Human Resources Management: A Practical Approach. 2nd Edition, The Dryden Press
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.
Muhajir, H. A. A. (2020). KENISCAYAAN KULIAH DARING DI IAIN TULUNGAGUNG dalam Kuliah Daring di Tengah Covid-19 dari Berbagai Perspektif.
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151-160.
Nurkholis, N. (2020). Dampak Pandemi Novel-Corona Virus Disiase (Covid-19) Terhadap Psikologi Dan Pendidikan Serta Kebijakan Pemerintah. Jurnal PGSD, 6(1), 39-49.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.
Rangkuti, Freddy. (2010). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Wheelen, Thomas L., Hunger, J. David, (2010) Strategic Management and Business Policy Achieving Sustainability. Twelfth Edition. Pearson.