ANALISIS KARAKTER PEMIMPIN YANG PALING DISUKAI DALAM PEMILIHAN CALON KEPALA DAERAH DI KABUPATEN BENGKALIS PADA BULAN DESEMBER TAHUN 2020

Main Article Content

Yusriadi Yusriadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter pemimpin seperti apa yang paling disukai oleh masyarakat Bengkalis dalam Pemilihan Calon Kepala Daerah yang akan di laksanakan pada bulan Desember 2020. Penarikan sampel dilakukan dengan metode multi stage random sampling dengan jumlah sampel sebesar 410 orang yang tersebar di Sebelas kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis, dengan mempertimbangkan persentase jumlah pemilih di setiap kecamatan. Dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%, hasilnya calon pemimpin yang paling disukai adalah karakter pemimpin yang suka membantu, berjiwa sosial dan perhatian yang paling tinggi sebesar 20,6 %, berikutnya diurutan kedua calon yang berpengalaman memimpin dan berkinerja bagus pada posisi kedua sebesar 14,1%.

Article Details

Section
Articles

References

Achmad Sanusi & M. Sobari, 2009. Kepemimpinan Sekarang dan Masa Depan, cetakan pertama, Prospect, Bandung.

Achmad Sanusi & M. Sobari, 2009. Kepemimpinan Sekarang dan Masa Depan, cetakan pertama, Prospect, Bandung.

Amirullah. 2015. Kepemimpinan &

Kerjasama Tim. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Burt , Nanus,1992, Visionary Leadership : Creating a Compelling Sense of Direction for Your Organization, San Fransisco, Jossey- Bass Publishers.

Hasibuan, Melayu S P. 2011. ManajemenSumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Kartono, Kartini Dr. 2010. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Perkasa.

Kouzes, J. M.,& Posner, B.J. 2004. Leadership Challenge (3rded.) San Francisco: Jossy-Bass

Robbins S.P , Mary Coulter , 2009. Management, Alih Bahasa oleh : Bob Sabran,M.M, Manajemen, Jilid 1, Edisi Kesepuluh ,Penerbit Erlangga Jakarta.
Veithzal, 2003. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, PT. Raja Grafindo. Persada Jakarta.