PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA BISNIS PARA IBU RUMAH TANGGA DALAM BERWIRAUSAHA DI PERUMAHAN VILLA BUNGA ARENGKA PEKANBARU

Main Article Content

Nurul Sukriani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja usaha ibu rumah tangga yang berwirausaha di Villa Bunga Arengka Pekanbaru, dengan menggunakan variabel Knowledge Competency (Pengetahuan), Keterampilan (Skill), Ability (Kemampuan), untuk menganalisis pengaruhnya terhadap kinerja usaha. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu rumah tangga yang berwirausaha di Perumahan Villa Bunga Arengka Pekanbaru yang berjumlah 33 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner, dengan memberikan daftar pernyataan langsung kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang dioperasikan melalui program SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel Pengetahuan Kompetensi (Pengetahuan), Keterampilan (Skill), Kemampuan (Ability) berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha ibu rumah tangga yang berwirausaha di Perumahan Villa Bunga Arengka Pekanbaru. Sedangkan secara parsial untuk variabel Kemampuan (Ability) tidak berpengaruh langsung terhadap kinerja usaha ibu rumah tangga yang berwirausaha di Perumahan Villa Bunga Arengka Pekanbaru.

Article Details

Section
Articles

References

Anoraga, Pandji. 2004. Kewirausahaan dan Usaha Kecil. Jakarta : Penerbit Rineke Cipta.

Badan Pusat Statistik (BPS). http//www.bps.go.id

Basrowi. 2014. Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia

Alma, B. 2011. Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum.Bandung; Alfabeta.

_____________2013. Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta

Gibson, L. James, John M. Ivancevich, and James H. Donnelly, Jr., 2011, Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses, PT Gelora Aksara Pratama, Jakarta.

Kasmir. 2009. Kewirausahaan. Jakarta : Penerbit PT Raja Grafindo.

Muizu, W. dan N. Effendi. 2015. Penguatan SDM Industri Kreatifmelalui Peningkatan Kompetensi dan Knowledge Management. Jurnal Ekonomi Bisnis 7(3): 224-233.

Rizal, Muhammad dan Dias Setianingsih. 2016. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Wanita Berwirausaha (Studi Kasus di Kota Langsa). Jurnal Manajemen dan Keuangan, Vol.5, No.2

Ruky, 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia, Dasar dan Kunci Keberhasilan, CV. Haji Masagung, Jakarta.

Sedarmayanti, 2009, Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, CV Mandar Maju Bandung.

_________(2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Segarahati, Enny dan Rina Walmiaty. 2015. Analisis Faktor- Faktor Yang Memotivasi Wanita Berwirausaha (Studi Kasus Pada Pengusaha Salon Kecantikan Di Kecamatan Medan Kota). ASEAN Comparative Education Research Network Conference 2015

Umar, Dr. Husein S.E., MBA., MM. 2008. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi Kedua. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

WWW.iNews.id. 2018. Pengusaha Perempuan Lebih Banyak Bekerja di Sektor Informal

WWW.Merdeka.com. 2018. Survei: 62,4 persen wanita di Indonesia memulai bisnis karena kebutuhan

Wijaya dan Tessa, 2016, Studi Eksploratif Motivasi Berwirausaha Skala Mikro Sektor Jasa Makanan di Surabaya, KINERJA, Volume 20, No.2
Zainal, V.R, M. Ramly, T. Mutis, W. Arafah. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Edisi Kedua. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Zimmerer, Thomas dan Norman M. Scarborough. 2008. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.