PENGARUH TINGKAT INFLASI, SUKU BUNGA DAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP RETURN SAHAM SYARIAH DI BURSA EFEK INDONESIA

Main Article Content

Afvan Aquino
Elpa Utari

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh inflasi, suku bunga, dan nilai tukar rupiah secara simultan terhadap return saham syariah pada emiten yang termasuk dalam Jakarta Islamic Index (JII) di Bursa Efek Indonesia. Objek penelitian ini adalah data tingkat inflasi, suku bunga, nilai tukar rupiah dan return saham syariah yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) di BEI. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh saham syariah yang go public di Jakarta Islamic Index (JII) di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berjumlah 30 perusahaan. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 11 saham syariah yang dijadikan sampel penelitian. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji F dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inflasi, suku bunga, nilai tukar rupiah tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham secara parsial maupun simultan.

Article Details

Section
Articles

References

Arifin, Ali, 2007, Membaca Saham, Yogyakarta; Andi.
Asri, I Gusti Ayu Amanda Yulita, dan Suwarta, I Ketut, Pengaruh Faktor Fundamental dan Makro Ekonom terhadap Return Saham Pada Perusahaan Consumer Good, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol. 8, No. 3 tahun 2014.

Fahmi, Irham, 2013, Pengantar Manajemen Keuangan, Bandung; Alfabeta.
Huda, Nurul dan Mustafa Edwin Nasution, 2008, Investasi pada Pasar Modal Syariah, Jakarta; Kencana Prenada Media Group.

Jakarta Stock Exchange, 2007, Fact Book, Jakarta.
Jogiyanto, 2003, Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Edisi Ke-3, Yogyakarta; BFPE UGM.

Sudana, I Made, 2011, Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik, Jakarta; Erlangga.

Murhadi dan. Werner R., 2009, Analisis Saham, Pendekatan Fundamental, Jakarta; PT Indeks.

Harmono, 2009, Manajemen Keuangan, Edisi Pertama, Jakarta; Bumi Aksara.
Jusmailini, dkk, 2008, Bisnis Berbasis Syariah, Jakarta; Bumi Aksara.
Suyanto, 2007, Analisis Pengaruh Nilai Tukar Uang, Suku Bunga dan Inflasi terhadap Return Saham Sektor Properti yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta Tahun 2001-2005. Tesis S2, Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro.

Prihantini, Ratna., 2009, Analisis Pengaruh Inflasi, Nilai Tukar, ROA, DER dan CR terhadap Return Saham (Studi Kasus Saham Industri Real Estate and Property yang Terdaftar di BEI). Tesis S2 Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro.