ANALISIS PENGARUH TINGKAT LITERASI PASAR MODAL TERHADAP MINAT MAHASISWA DALAM BERINVESTASI SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau )

Main Article Content

Asnahwati Asnahwati
Mulyadi Maswir

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat masyarakat Indonesia untuk berinvestasi di pasar modal khususnya saham. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi pasar modal terhadap minat mahasiswa berinvestasi saham pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana tingkat literasi keuangan mahasiswa semester IV jurusan Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau (STIE) dan apakah literasi pasar modal berpengaruh terhadap minat mahasiswa berinvestasi saham pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Bursa Efek Indonesia (BEI)?. Populasi adalah mahasiswa jurusan Manajemen yang duduk di semester IV Sekolah Tinggi Ekonomi Riau (STIE), sedangkan sampel diambil dari sebagian populasi yaitu 74 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif.


 

Article Details

Section
Articles

References

E. N. D. J. Taufiqoh, “Pengaruh Norma Subjektif, Motivasi Investasi, Pengetahuan Investasi, Persepsi Return dan Literasi Keuangan Terhadap Mahasiswa Berinvestasi Saham di Pasar Modal (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi FEB UNISMA dan UNIBRAW Di Malang,” E-JRA, vol. 08, no. 05, pp. 9–19, 2019.
S. Z. Kemu, “Literasi Pasar Modal Masyarakat Indonesia,” (Pusat Kebijak. Sekt. Keuang. Badan Kebijak. Fiskal, Kementeri. Keuangan, Jl. Dr Wahidin Raya No. 1, Jakarta Pusat, 10710; email tiarema2000@gmail.com), vol., no. tabel 1, pp. 161–175, 2016.
L. P. A. E. Deviyanti, I. G. A. Purnamawati, and I. N. P. Yasa, “Pengaruh Norma Subjektif, Persepsi Return dan Literasi Keuangan terhadap Minat Mahasiswa untuk Berinvestasi Saham di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha),” e-Journal S1 Ak Univ. Pendidik. Ganesha, vol. 8, no. 2, pp. 1–12, 2017.
J. J. P. Wadiningrat, Elia W, Maryam Mangantar, “Analisis Pengaruh Rasio Likuiditas Dan Rasio Profitabilitas Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Lq 45,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 5, no. 2, pp. 2349–2358, 2017, doi: 10.35794/emba.v5i2.16631.
Nadya, “Analisis Tingkat Literasi Keuangan pada Dosen UNIVERSITAS TELKOM Tahun 2016,” Ekon. Bisnis Entrep., vol. 11, no. 2, pp. 75–88, 2017.
M. Hamdani, “Analisis Tingkat Literasi Keuangan dan Pengaruhnya terhadap Perilaku Keuangan pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Terbuka,” J. Bakti Masy. Indones., vol. 1, no. 1, pp. 139–145, 2018.