PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN ( Studi Kasus pada UMKM Baso Aci Ena Yogyakarta)

Main Article Content

Agus Dwi Cahya
Aini Marthasari
Pramudita Annisa Ramadhani
Retno Wulandari

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada UMKM Baso Aci Ena Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah konsumen yang membeli produk Baso Aci Ena Yogyakarta. Data primer diperoleh dari kuesioner dengan 50 responden dengan purposive sampling. Kemudian data tersebut akan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Kepuasan Pelanggan (Y) dengan nilai 0,00 dan variabel Kualitas Layanan (X2) berpengaruh positif. dan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) dengan nilai 0,03. Pada hasil uji F, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,00.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Rineka Cipta.
Joesyiana, K. (2018). PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MEDIA ONLINE SHOP SHOPEE DI PEKANBARU ( Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau ). 4(1).
Kotler, P and G, A. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. erlangga.
Kotler, P. and G. A. (2012). Principles Of Marketing. Pearson Education Limited.
Krisdianti, D. L., & Sunarti. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada restoran pizza hut malang town square. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 70(1), 36–44. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2812
Santoso, I. (2016). Peran Kualitas Produk dan Layanan, Harga dan Atmosfer Rumah Makan Cepat Saji terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen Teknologi, 15(1), 94–109. http://journal.sbm.itb.ac.id
Sari, F. P. (2016). PENGARUH HARGA CITRA MEREK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN. 5.
Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan: Teori Dan Aplikasi Dengan SPSS. Andi Offset.
Supangkat, A. H. (2017). PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TAS DI INTAKO. 6(September), 1–19.
Tjiptono, F. dan G. C. (2011). Service Quality & Satisfaction Edisi ketiga. Andi Offset.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. (2012). Service Manajemen, Mewujudkan Layanan Prima. CV Andi Offset.
Wijaya, T. (2011). Manajemen kualitas Jasa: Desain Servqual, QFD, dan Kano disertai Contoh Aplikasi dalam Kasus Penelitian. PT. Indeks.