SEMANGAT UMKM DIBALIK PANDEMI COVID-19 PADA OBJEK WISATA SUNGAI GELOMBANG DI DESA SIPUNGGUK KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

Main Article Content

Risman Risman
Arhifen Yapentra
Iskandar Iskandar

Abstract

 


Penelitian ini dilakukan di objek wisata sungai Gelombang Desa Sipungguk Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana semangat UMKM dibalik Pandemi Covid-19 pada Objek Wisata Sungai Gelombang di Desa Sipungguk Kec. Salo Kabupaten Kampar . Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui semangat UMKM dibalik Pandemi Covid-19 pada Objek Wisata Sungai Gelombang di Desa Sipungguk Kec. Salo Kabupaten Kampar . Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, peneliti menggunakan informan atau narasumber sebagai sumber data,  penelitian ini dapat disimpulkan bahwa UKMK yang berada di Objek Wisata Sungai Gelombang di Desa Sipungguk ini dijalankan secara sederhana,  mereka belum ada kemitraan dengan pihak lain, perlu ada pembinaan UMKM yang serius oleh pemerintah setempat yang terintegrasi dengan manajemen pariwisata, fasilitas yang ada di objek wisata ini belum tertata dengan baik, masih perlu pembinaan dari pemerintah setempat agar UMKM kedepan bisa meningkat sejalan dengan perkembangan pengembangan pariwisata yang ada. Sarana dan prasarana  serta kuliner wisata perlu dibenahi dan dikembangkan lebih lanjut agar objek wisata lebih menarik dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) mampu  meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Article Details

Section
Articles

References

Undang Undang Repuplik Indonesia Nomer 20 ( 2008 ) tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jakarta.

Undang-undang No. 10 Tahun 2009, tentang Kepariwisataan, Jakarta

Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Alfabeta.

Damanik, J dan Weber, J. Helmut (2006). Perencanaan Ekowisata dari Teori dan Aplikasi, CV. Andi Offset: Yogyakarta.

Leiper, Neil. (1990). Tourism System: An Interdisciplinary Perspective. Department of Management System. Business Studies Faculty, Massey University Palmerston, North, New Zealand.

Tambunan, Tulus ( 2009 ) Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia, LP3S , Jakarta

Inna Primiana ( 2009 ) Usaha Mikro Kecil dan Menengah, alfabeta , Bandung.

Damanik, Weber ( 2006 ) Perencanaan Ekowisata teori dan aplikasi, UGM, Jogjakarta.

Oka A. Yoeti, Pengantar Ilmu Pariwisata. 1996. Angkasa. Bandung

Kotler T. Philip. And Amstrong. Gary (2014). Principle of Marketing 15th edition, Pearson: USA.