PENGARUH STRESS KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA DOSEN PEREMPUAN DI KOTA PEKANBARU

Main Article Content

Novita Novita Rina Sundari

Abstract

Fenomena emansipasi wanita berkenaan dalam pekerjaan ini menjadi menarik diteliti terutama mengenai peran ganda yang dialami perempuan dalam bekerja. Dari satu sisi perempuan memiliki keinginan dalam bekerja di luar rumah, namun dari sisi lain mereka memiliki tanggung jawab dalam mengurus rumah tangga. Hal ini juga dialami oleh dosen perempuan, dimana dengan padatnya pekerjaan sebagai dosen yakni dalam melaksanakan tri dharma perguruan tingginya juga mereka harus tetap tampil elegan dalam mengurus rumah tangga, mengurus anak, mengurus suami, mengurus urusan rumah tangga. Kondisi ini juga berdampak kepada kinerja mereka dalam bekerja yang belum optimal, tentunya banyak faktor yang menyebabkan kinerja diantaranya adanya dugaan karena faktor stress kerja dalam bekerja dan juga motivasi mereka dalam bekerja. Untuk membuktikan dugaan tersebut penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan responden dalam penelitian ini adalah dosen perempuan dan data dikumpulkan secara online dan dianalisis dengan menggunakan alat analisis jalur. Hasil penelitian membuktikan bahwa stress kerja kerja tidak perpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen perempuan sedangkan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen perempuan.

Article Details

Section
Articles

References

Anggriana, T. M., Margawati, T. M., & Wardani, S. Y. (2016). Konflik peran ganda pada dosen perempuan ditinjau dari dukungan sosial keluarga. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1).
Ardianingsih, A., & Yunitarini, S. (2015). Etika, Profesi Dosen Dan Perguruan Tinggi: Sebuah Kajian Konseptual. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(1).
Ariani, D. (2020). Efek Moderasi Dukungan Sosial Dalam Hubungan Konflik Pekerjaan Keluarga Dengan Stres Kerja Dosen Wanita Di Fakultas Ekonomi Undiksha. Bisma: Jurnal Manajemen, 6(1), 1-7.
Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.
Gultom, E. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Dosen Perempuan Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Di Kota Pekanbaru. Eko dan Bisnis: Riau Economic and Business Review, 9(4), 304-311.
Hidayati, N., & Trisnawati, D. (2016). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Stress Kerja Terhadap Turnover Intentions Karyawan Bag. Marketing Pt. Wahana Sahabat Utama. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 11(1).
Jufrizen, J., Farisi, S., Azhar, M. E., & Daulay, R. (2020). Model Empiris Organizational Citizenship Behavior dan Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Swasta di Medan. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 4(2), 145-165.
Karniawati, N. (2013). Kinerja Dosen Perempuan: Studi Relasi Gender di Unikom. JIPSI-Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi UNIKOM, 1.
Koni, W. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Dosen Iain Sultan Amai Gorontalo. Al-Buhuts, 14(01), 53-72.
Kusuma, A. H. P. (2017). Pengaruh kompetensi, budaya organisasi dan motivasi terhadap kinerja dosen perguruan tinggi swasta di kota makassar. Economics Bosowa, 3(8), 88-100.
Pratama, W. A., & Prasetya, A. (2017). Pengaruh Sistem Remunerasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja pada Perguruan Tinggi. Jurnal Administrasi Bisnis, 46(1), 52-60.
Purwanto, E. A., & Sulistyasturi, D. R. (2017). Metode penelitian kuantitatif.
Rosita, S. (2014). Pengaruh konflik peran ganda dan stress kerja terhadap kinerja dosen wanita di Fakultas Ekonomi Universitas Jambi. Manajemen Bisnis, 2(2).
Sinambela, L. P. (2017). Profesionalisme dosen dan kualitas pendidikan tinggi. Jurnal Sosial dan Humaniora, 2(4), 579-596.