ANALISIS PENGARUH UPAH DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA BURUH UD SUMBER KEHIDUPAN SUKOHARJO PADA SAAT PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT

Main Article Content

Agus Dwi Cahya Kurniawan Mukti Wibowo Faris Arya Wiratama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh upah dan beban kerja terhadap kinerja tenaga kerja secara parsial, serta pengaruh upah dan beban kerja terhadap kinerja tenaga kerja secara simultan pada UD Sumber Hidup Sukoharjo. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan populasi 6 pekerja. Pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling jenuh, dengan seluruh populasi 6 pekerja yang akan dijadikan sampel. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan Statistical Package for the Social Science (SPSS) versi 17 for windows. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan menggunakan google form untuk pekerja UD Sumber Hidup Sukoharjo. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji reliabilitas, uji validitas, uji regresi linier berganda, uji asumsi klasik melalui uji T, dan uji F. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa uji variabel upah secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pekerja di UD Sumber Hidup Sukoharjo dengan nilai 0,007, uji variabel beban kerja secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pekerja di UD Sumber Hidup Sukoharjo dengan nilai 0,416 dan uji variabel beban kerja berpengaruh simultan terhadap kinerja tenaga kerja di UD Sumber Hidup Sukoharjo dengan nilai 0,019


 

Article Details

Section
Articles

References

Anwar, R. A. (2020). Pengatuh Kepuasan Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Kinerjs BBuruh Di Wilayah Tangerang.
Danang, S. (2011). Metodologi Penelitian Ekonomi (Cetakan Pe). CAPS.
Febri Furqon Artadi. (2015). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Beban Kerja terhadap Kinerja karyawan pada PT. Merapi Agung Lestari. Universitas Negeri Yogyakarta.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handoko, T. H. (2000). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia Perusahaan. BPFE.
Heidjrachman et all. (2012). Manajemen Personalia. BPFE.
Mangkunegara, A. P. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya.
PEDOMAN ANALISIS BEBAN KERJA DI LINGKUNGAN DEPARTEMEN DALAM NEGERI DAN PEMERINTAH DAERAH DENGAN, PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 12 TAHUN 2008 TENTANG 69 (2008).
Payaman Simanjuntak. (2001). Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. LPFEUI.
Rivai, V. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan (9th ed.). Raja Grafindo Persada.
Soedjono. (2005). Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Organisasi dan kepuasan Kerja Karyawan pada Terminal Penumpang Umum di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Kwirausahaan, 7.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan: Teori Dan Aplikasi Dengan SPSS (1st ed.). ANDI Yogyakarta.
Tarwaka. (2011). Ergonomi Industri, Dasar-Dasar Pengetahuan Ergonomi dan Aplikasi Di Tempat Kerja. Harapan Press.
Umam, K. (2010). Perilaku Organisasi. Pustaka Setia