MODEL MIXED INTEGER LINIER PROGRAMMING UNTUK PERENCANAAN PENGANGKUTAN SAMPAH DI KOTA PEKANBARU

Main Article Content

Lailatul Syifa Tanjung
Rika Ampuh Hadiguna
Alexie Herryandie B.A

Abstract

Masalah sampah merupakan masalah yang sangat memprihatinkan di suatu daerah. Hal ini dikarenakan sampah merupakan salah satu indikator yang dapat memberikan dampak negatif bagi manusia dan lingkungan sekitar jika tidak ditangani dengan baik. Model alokasi lokasi merupakan model yang dapat digunakan untuk menentukan suatu fasilitas guna meminimalkan biaya distribusi. Jika dikaitkan dengan permasalahan sampah, maka model alokasi lokasi dapat digunakan untuk menentukan lokasi dan jumlah Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang optimal sehingga dapat meminimalkan biaya pengangkutan sampah. Pada penelitian ini dirancang model alokasi lokasi pengangkutan sampah di Kota Pekanbaru dengan tujuan untuk menekan biaya pengangkutan sampah dengan mempertimbangkan parameter biaya pembukaan TPS dan keputusan pembukaannya. Penentuan nilai optimal dari setiap tujuan ditentukan oleh pengambil keputusan sehingga diselesaikan dengan menggunakan pendekatan Mixed Integer Linear Programming. Berdasarkan hasil penelitian telah diperoleh model alokasi lokasi dengan menggunakan metode Mixed Integer Linear Programming dengan output model berupa pembukaan TPS baru dengan biaya pengangkutan sampah yang minimum. Pencarian solusi atau keluaran model dibantu oleh Software Lingo 18.0. Model yang dirancang dapat menjelaskan perubahan output jika terjadi perubahan parameter yang meliputi jumlah sumber sampah, biaya transportasi dan biaya tetap pembukaan TPS. Model tersebut dapat diimplementasikan dalam perencanaan pengangkutan sampah di Kota Pekanbaru dengan menggunakan data yang sesuai dengan kondisi di lapangan.


 

Article Details

Section
Articles

References

Arnata, I Made. 2012. Studi Optimasi Teknik Opersional Pengumpulan dan Pengangkutan Sampah dengan Model Simulasi (Studi Kasus Kecamatan Mengwi, Kabupaten Bandung Tahun 2004-2024). Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol. 16, No.1 Januari 2012.
Kusuma, juang victoria. 2017. Penentuan Lokasi Ideal Tempat Penampungan Sementara (TPS) Sampah dengan Metode P Median di Wilayah Karanganyar. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Mukh, Nasir Ramdhani dan Prita Meilanitasari, 2019. Pemodelan Pemilihan Lokasi Pembuangan Sampah Akhir pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta. Jurnal OPSI Vol.12 No.2.
Purnama, Agus Rachmad dan Udisubakti Ciptomulyono. 2011. Model Optimasi Alokasi Pengelolaan Sampah Dengan Pendekatan Inexact Fuzzy Linier Programming (Studi Kasus : Pengelolaan Sampah Di Kota Malang).
Susanti, Eka, Endro Setyo Cahyono dan Oki Dwipurwani. 2016. Optimasi Kendaraan Pengangkut Sampah di Kecamatan Kertapati Menggunakan Pemrograman Bilangan Bulat Biner 0 dan 1. Jurnal Matematika Vol.6 No.2 Desember 2016.
Sutrisno, dwi, M. Adha Ilhami dan Evi Febianti. 2017. Optimasi Rute Pengangkutan Sampah Dengan Menggunakan Metode Vehicle Routing Problem With Time Window Menggunakan Binary Integer Programming.
Widiyastiti, Maya dan Isti Kamila. 2019. Model Vehicle Routing Problem dalam Menentukan Banyaknya Rute dan Armada Pengangkutan Sampah di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Ilmu Dasar dan Lingkungan Hidup Vol 10 Nomor 1 April 2019.
Yedida W, Daniel dan Putu Gede Ariastita. 2016. Penentuan Alternatif Lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Kabupaten Sidoarjo. Tugas Akhir Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.