PENGARUH LIKUIDITAS DAN SIKLUS KONVERSI KAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI PEMODERASI PADA SEKTOR CONSUMER GOODS INDUSTRY YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2016-2019

Main Article Content

Latifatul Yaswat
Kamaliah Kamaliah
Alfiati Silfi

Abstract

 Penelitan ini bertujuan untuk menguji dan menganalisi likuiditas, siklus koversi kas terdadap nilai perusahaan serta untuk menguji dan menganalisis ukuran peusahaan memoderasi likuiditas dan siklus konversi kas terhadap nilai perushaan. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Sektor Consumer Goods Industry. Sampel dan penelitian ini adalah 124 sampel yang telah memenuhi kriteria. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan sumber-sumber data dokumenter antara lain annual report dan laporan keuangan perusahaan yang menjadi sampel penelitian.Teknik analisis data menggunakan menggunakan uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil dari pengujian hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas dan siklus konversi kas berpengaruh terhadap nilai perusahaan serta ukuran perusahaan berpengaruh dan memperkuat hubungan likuiditas dan siklus konversi kas terhadap nilai perusahaan.


 


 

Article Details

Section
Articles

References

Alfredo Mahendra, 2011. Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Indevenden sebagai intervening. Universitas Udayana

Brigham, EF. and JF. Houston. 2011. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat

Hartono (2016:14). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Munawir (2015:68). Capital structure choice and Profitability Relationship.

Munawir, S. 2014. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Nurhayati, M. (2013). Profitabilitas, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan Pengaruhnya Terhadap Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan Sektor Non Jasa. Jurnal Keuangan dan Bisnis, Vol. 5, No. 2.



Rahmantika, Efita (2020). Siklus Konversi Kas, Profitabilitas dan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Volume9, Nomor 4, Tahun 2020, Halaman 1-8. SSN(Online): 2337-3806.

Setyanto, Adrianus Dhimas dan Ika Permatasari. 2014. Manajemen Modal Kerja dan Dampaknya Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Governance sebagai Variable Moderasi. Jurnal Akuntansi, Vol. 6, No. 1, pp. 66-82.

Uli, Ratna, (2020). Pengaruh Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan Melalui Struktur Modal dan Profabilitas. Vol. 15, No. 02 Oktober, 2020.

Uttari dan Yadnya (2018). ash Conversion Cycle terhadap Profitabilitas (studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI). Vol. 7 No.3 pp 280-221.

Vahid et al. (2017). Working Capital Management and Corporate Performance; Evidence From Irnian Companies. Procedia- Social and Behavioral Science, 62, 1313-1318.