PENGARUH MOTIVASI, KEPEMIMPINAN, DAN PELATIHAN TERHADAP PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KINERJA PEGAWAI PADA KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI RIAU

Main Article Content

Wella Meyrisca
Jumiati Sasmita
Yusni Maulida

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor Motivasi, Kepemimpinan, dan Pelatihan terhadap Penerapan Teknologi Informasi dan pengaruhnya terhadap Kinerja pegawai Kementerian Agama Provinsi Riau. Populasi penelitian ini adalah pegawai Kementerian Agama Provinsi Riau, penelitian ini menggunakan pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 21.0 untuk menguji reliabilitas, uji validitas, uji parsial (uji T) dan uji simultan (uji F) dengan uji path analysis. Populasi penelitian ini sebanyak 152 orang pegawai dengan jumlah Sampel Penelitian 110 pegawai di wilayah kerja Kementerian Agama Provinsi Riau. Hasil penelitian ini menunjukkan Motivasi, Kepemimpinan, dan Pelatihan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai. Artinya semakin tingginya motivasi dalam diri seseorang dan semakin banyaknya pelatihan yang diikuti dengan serius dalam pelatihan dan semakin baiknya kepemimpinan maka kinerja pegawai akan baik dalam mewujudkan tujuan organisasi pada Kementerian Agama Provinsi Riau.


 

Article Details

Section
Articles

References

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Rosda.
Adniati, Devi. 2013. Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Utara UPT.Binjai.Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Universitas Sumatera Utara.
Anthony, Apalia Ekakoron. 2017. Effects of discipline management on employee performance in an organization: The case of county education office human resource department, turkana county. Master of Business Administration in Strategic Managment, Mount Kenya University. Kenya International Academic Journal of Human Resource and Business Administration Vol 2, Issue 3, pp. 1 – 18.
Anyim, Chukwudi Francis, Odogwu Christopher Chidi, Adedehinbo Ekundayo Badejo. 2012. Motivation and Employees’ Performance in the Public and Private Sectors in Nigeria. University of Lagos.International Journal of Business Administration.Vol. 3, No. 1.
Aries Susanti dan Sigit Wahyu Baskoro.2012. Pengaruh Motivasi kerja dan KePimpinanan terhadap Disiplin dan dampaknya terhadap Kinerja Pegawai PT.PLN PERSERO ADP Semarang.Universitas Diponegoro. Program Studi Teknik Industri. Vol VII, No 2.
As’ad, Moh. 2004. Psikologi Industri: Seri Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Penerbit Liberty.
Baslan Bani,NilamKorompot,Robiansyah.2011.Pengaruh Disiplin dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai PT. PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Timur Area Samarinda.FakultasEkonomiUniversitasWulawarman.