PENGARUH MANAJEMEN TALENTA TERHADAP RETENSI KARYAWAN MELALUI KETERIKATAN KARYAWAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI BPJS KESEHATAN KEDEPUTIAN WILAYAH SUMBAGTENG JAMBI

Main Article Content

Putra Gema Azan
Susi Hendriani
Ando Fahda Aulia

Abstract

Perusahaan menghabiskan banyak sumber daya untuk mengadaptasi karyawan, terutama karyawan baru, dengan program kerja yang mereka miliki. Oleh karena itu, akan menjadi masalah jika karyawan yang terlatih keluar dari perusahaan. Masalah terkait retensi pegawai tidak hanya dapat terjadi di dalam perusahaan, tetapi juga dapat terjadi pada badan hukum publik seperti BPJS Kesehatan. Diketahui ada dua faktor yang dinilai berdampak pada retensi karyawan, yaitu manajemen talenta dan keterikatan karyawan. Berdasarkan informasi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh talent management terhadap employee retention dengan employee engagement sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif yang dilakukan di Kantor Deputi BPJS Kesehatan Wilayah Sumbagteng Jambi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel employee engagement berhasil memediasi hubungan antara variabel talent management dengan variabel employee retention. Namun berdasarkan hasil uji Sobel dan uji Baron-Kenny, pengaruh yang diterima oleh variabel employee retention akan lebih baik jika diberikan langsung oleh variabel talent management tanpa melalui perantara variabel employee engagement. Oleh karena itu, kebijakan talent management yang diterapkan oleh BPJS Kesehatan akan lebih baik jika fokusnya langsung pada upaya agar pegawai tidak keluar dari BPJS Kesehatan.


 


 

Article Details

Section
Articles

References

Alvesson, M., dan Sandberg, J. (2011). Generating Research Questions Through Problematization. Academy of Management Review, 36(2), 247–271.
Anitha, J. (2014). Determinants Of Employee Engagement And Their Impact On Employee Performance. International Journal of Productivity and Performance Management, 63(3), 308-323.
Armstrong, M. dan Taylor, S. (2014). Armstrong's Handbook of Human Resource Management Practice. Kogan Page Publishers.
Buckingham, M. dan Vosburgh, R. M. (2001), The 21st Century Human Resources Function: It's The Talent, Stupid!. Human Resource Planning, 24(4), 17-23.
Kataike, S. (2013). Relationship Between Talent Management and Employee Retention in Commercial Banks in Kenya. Unpublished MBA Thesis. University of Nairobi, Kenya.
Ramadhan, N. dan Sembiring, J. (2014). Pengaruh Employee Engagement Terhadap Kinerja Karyawan di Human Capital Center PT. Telekomunikasi Indonesia, TBK. Jurnal Manajemen Indonesia, 14(1).
Stahl, G., Björkman, I., Farndale, E., Morris, S. S., Paauwe, J., Stiles, P. dan Wright, P. (2012). Six Principles of Effective Global Talent Management. Sloan Management Review, 53(2), 25-42