PENGARUH KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP PERILAKU INOVASI PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DAERAH KOTA DUMAI

Main Article Content

Arnold Jayendra
Susi Hendriani
Yusni Maulida

Abstract

Hal ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, budaya organisasi dan karakteristik individu terhadap perilaku inovasi. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah pegawai Sekretariat Daerah Kota Dumai sebanyak 127 pegawai. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 127 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh terhadap perilaku inovasi karyawan. Hal ini menunjukkan bahwa budaya organisasi sangat penting dalam menentukan perilaku inovasi. Semakin baik budaya organisasi, semakin tinggi perilaku inovasi. Kepemimpinan berpengaruh terhadap perilaku inovasi karyawan. Hal ini menunjukkan bahwa kepemimpinan dapat menentukan tingkat perilaku inovasi karyawan. Semakin baik kepemimpinannya, maka perilaku inovasi akan semakin meningkat. Karakteristik individu mempengaruhi perilaku inovasi karyawan. Hal ini menunjukkan bahwa karakteristik individu sangat penting dalam menentukan perilaku inovasi. Semakin tinggi karakteristik individu yang diperoleh karyawan maka perilaku inovasi akan semakin meningkat. Kepemimpinan, budaya organisasi dan karakteristik individu mempengaruhi perilaku inovasi. Hal ini menunjukkan bahwa kepemimpinan, budaya organisasi dan karakteristik individu dapat menentukan tingkat perilaku inovasi karyawan.

Article Details

Section
Articles

References

Afsar, B., Badir, Y., & Khan, M. M. (2015). Person-job fit, person organization fit and innovative work behavior:The mediating role of innovation trus. Journal of High Technology Management Research., 26(1), 105–116.
Etikariena, & Muluk. (2014). Hubungan antara Memori Organisasi dan Perilaku Inovatif Karyawan. Universitas Indonesia, 2(1).
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM dan SPSS 21. https://doi.org/10.1126/science.1158668
Gunawan, W. S., & Surya, I. B. K. (2015). Pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap pemberdayaan karyawan dan inovasi organisasi pada mozzarella restaurant. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(6), 1591–1609.
Hasibuan, M. S. . (2013). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Bumi Aksara.
Nazir, M. (2013). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Pangabean, S. M. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Ghalia Indonesia.
Ridwan, E., & Kuncoro, A. (2014). Cara Menggunakan dan Memaknai Path. Analysis. Alfabeta.
Rivai, V., & Ella, J. S. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. PT Rajagrafindo Persada.
Robins, S. P. (2015). Perilaku Organisasi (10 ed.). Salemba Empat.
Siagian, S. P. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.
Sopiah. (2010). Perilaku Organisasional. Andi Offset.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Alfabeta.
Sutrisno, E. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana.
Tika, P. (2014). Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Rajawali Press.